PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA BERTEMA INTERAKSI


Herwidhi Tri Prabowo , 4201412031 (2016) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA BERTEMA INTERAKSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

PISA selama 12 tahun menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa Indonesia selalu memperoleh skor di bawah skor rata-rata dari OECD. Kemampuan literasi sains penting dimiliki oleh siswa sebagai upaya dalam beradaptasi dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tingkat kemampuan literasi sains siswa salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan alat evaluasi. Alat evaluasi yang digunakan oleh guru belum mengacu pada kompetensi literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan produk berupa alat evaluasi berbasis literasi sains bertema interaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik, validitas dan reliabilitas alat evaluasi berbasis literasi sains, serta mengungkap profil kemampuan literasi sains siswa. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Kudus. Uji validitas dilakukan dalam 2 tahap. Tahap 1 yakni uji kelayakan oleh dosen dan guru, dan tahap 2 melalui perhitungan daya pembeda dan tingkat kesukaran instrumen. Uji reliabilitas dilakukan dengan menghitung tingkat reliabilitas tes soal pilihan ganda. Profil kemampuan literasi sains siswa ditentukan dengan menghitung persentase penguasaan kompetensi literasi sains siswa. Hasil penelitian diperoleh karakteristik alat evaluasi yang dikembangkan memiliki muatan literasi sejumlah 39% untuk kompetensi sains sebagai batang tubuh pengetahuan, 22% untuk kompetensi sains sebagai cara berpikir dan interaksi antara sains, teknologi, dan masyarakat, serta 17% untuk kompetensi sains sebagai cara untuk menyelidiki. Uji kelayakan yang dilakukan oleh dosen dan guru memperoleh persentase >85% serta 90% soal memenuhi kategori daya beda baik dan tingkat kesukaran yang proporsional, sehingga alat evaluasi dikategorikan valid. Hasil uji reliabilitas memperoleh hasil 0.78 sehingga dikategorikan reliabel. Pengukuran profil kemampuan literasi sains siswa diperoleh hasil kompetensi sains sebagai cara berpikir sebesar 76%, kompetensi sains sebagai batang tubuh pengetahuan sebesar 72%, kompetensi interaksi sains, teknologi, dan masyarakat sebesar 57% dan kompetensi sains sebagai cara untuk menyelidiki sebesar 53%. Dapat disimpulkan bahwa karakteristik alat evaluasi berbasis literasi sains yang dikembangkan sudah memiliki muatan literasi sains yang seimbang, valid, reliabel, dan mampu mengukur kemampuan literasi sains siswa. Berdasarkan hasil penelitian, perlu dikembangkan alat evaluasi berbasis literasi sains pada tema dan materi lain berbentuk uraian, serta menentukan levelling kemampuan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat evaluasi, literasi sains, tema interaksi Hasil studi
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 13:56
Last Modified: 06 Oct 2017 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26675

Actions (login required)

View Item View Item