PENERAPAN GUIDED INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER SISWA


Cintia Agtasia Putri , 4201412030 (2016) PENERAPAN GUIDED INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa ihwal pembelajaran dengan menggunakan metode guided inquiry dengan tutorial dapat menguatkan terhadap pemahaman konsep dan dapat mengembangkan nilai karakter siswa. Guided inquiry merupakan model pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif menggunakan proses fisik dalam menemukan sendiri beberapa konsep dan prinsip materi yang sedang dipelajari dengan bimbingan dari guru. Model pembelajaran ini tidak hanya sebatas sebagai pemberian materi saja tetapi juga dapat membangun moral dan nilai karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment design dengan Posttest-Only Control Group Design. Tingkat pemahaman konsep siswa dapat diukur dengan menggunakan nilai posttest atau nilai ulangan. Perkembangan nilai karakter siswa diukur dengan menggunakan skala sikap yang mana setiap item mengandung indikator yang dapat mengukur nilai-nilai yang ada dalam diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA SMA N 5 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Besar sampel yang diambil sebanyak 32 siswa untuk kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen pengambilan data berupa dokumentasi, kuesioner untuk memperoleh data karakter siswa, observasi untuk mengetahui perkembangan nilai karakter siswa dan tes uraian untuk memperoleh data pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data untuk pemahaman konsep menggunakan uji t dua sampel, dan uji regresi. Teknik analisis data pengembangan nilai-nilai karakter menggunakan teknik analisis kuantitatif, perbandingan, uji gain, uji regresi dan uji korelasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : 1) berdasarkan uji t dua sampel dapat disimpulkan, bahwa pemahaman konsep siswa menggunakan model guided inquiry dengan tutorial lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model guided inquiry nontutorial. 2) berdasarkan perkembangan karakter pada kelas eksperimen mengalami perkembangan karakter keseluruhan sebesar 73,98 menjadi 79,97, dan untuk kelas kontrol perkembangan karakter sebesar 72,90 menjadi 78,88. Jadi dapat disimpulkan pembelajaran guided inquiry dengan tutorial menguatkan pemahaman konsep siswa dan mengembangkan karakter siswa kearah yang lebih baik. 3) berdasarkan uji korelasi dapat disimpulkan terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman konsep dengan guided inquiry dengan tutorial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided inquiry, pemahaman konsep, nilai-nilai karakter
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 13:52
Last Modified: 06 Oct 2017 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26674

Actions (login required)

View Item View Item