PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS TREFFINGER


Ayu Ariantika , 4201412029 (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS TREFFINGER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412029.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Juwana menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fisika masih rendah. Pembelajaran yang dilaksanakan masih ditekankan pada penghafalan rumus dan kurang mengaitkan materi dengan fenomena sains pada kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sebagian besar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan oleh sekolah. Perlu adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran guided inquiry berbasis Treffinger. Berdasarkan tujuan tersebut sampel penelitian yang digunakan adalah kelas X IPA 1. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Metode Pre-Experimental Designs digunakan untuk menguji peningkatan prestasi belajar siswa dengan desain penelitian one-group pretest-postest design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis, dokumentasi dan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen dengan model pembelajaran guided inquiry berbasis Treffinger telah mencapai ketuntasan belajar klasikal. Peningkatan prestasi belajar siswa diketahui dari uji gain dimana kelas eksperimen masuk dalam kategori sedang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran guided inquiry berbasis Treffinger dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, prestasi belajar siswa, guided inquiry, Treffinger.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 13:44
Last Modified: 06 Oct 2017 13:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26673

Actions (login required)

View Item View Item