PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA MATERI PEMANASAN GLOBAL BERNILAI KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER


Maria Ulfah , 4201412028 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA MATERI PEMANASAN GLOBAL BERNILAI KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu bidang yang dapat memperkenalkan karakter kepada manusia yaitu bidang pendidikan. Sehubungan dengan hal itu, pemerintah juga telah mencanangkan program pendidikan karakter pada tanggal 02 Mei 2010. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran, tidak terkecuali fisika. Terdapat pembelajaran fisika pada materi pemanasan global yang dilakukan dengan cara siswa mencari informasi secara mandiri kemudian mempresentasikannya. Selain itu, bahan ajar yang digunakan hanya berisi ringkasan materi dan soal-soal. Salah satu elemen pada perangkat pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah bahan ajar. Pembelajaran fisika pada materi pemanasan global menjadikan siswa ikut serta dalam usaha memelihara dan melestarikan lingkungan, konsep ini selanjutnya disebut konservasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar fisika materi pemanasan global yang disisipi nilai konservasi mengacu pada 3 dari 7 pilar UNNES konservasi dan terintegrasi karakter, mengetahui tingkat kelayakan dan keterbacaannya, mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan perkembangan karakter setelah menggunakan bahan ajar. Karakter yag diintegrasikan pada bahan ajar adalah disiplin, rasa ingin tahu, dan komunikatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development. Penelitian uji coba skala besar dilaksanakan di kelas XI MIPA 4 pada sebuah sekolah di Kabupaten Pekalongan. Prosedur penelitian merupakan tahapan model 4D Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Bahan ajar diuji kelayakan menggunakan angket uji kelayakan dan diuji keterbacaan menggunakan tes rumpang. Hasil belajar kognitif diperoleh dari pretest dan post-test, sedangkan perkembangan karakter diperoleh dari angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan memperoleh kategori sangat layak digunakan dan mudah dipahami. Bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan mengembangkan karakter siswa. --------------------------------------- ABSTRACT A potential aspect which can build character for human is education. In this case, the government has planned character education since 2nd May 2010. Character education can be integrated to every lesson, including physics. The learning model of physics in global warming material is by doing independent research and presenting it. Besides that, learning material was used only contains summary and exercise. A potential element which can be developed is learning material. Physics learning in global warning material should be able to involve students in the attempts of protecting and conserving the environment in conservation concept. This research is aimed to develop a physics learning material in global warming section which is inserted with conservation value based on 3 from UNNES 7 pillars of conservation and character integration, describing the appropriateness and readability of the material, and describing the cognitive learning result and character building of the students after using the material. The integrated character in the learning material is discipline, curiousity, and communicative. The method used in this research was Research and Development. Main field testing this research was done in 11th grade 4th science class in a school in Pekalongan regency. The procedure of this research included Thiagarajan 4D’s model which is modified in three steps define, design, and develop. This learning material’s appropriateness was examined with appropriateness sheets test and the readability was examined with hiatus tests. The cognitive learning results of the students was obtained from pre-test and post-test, while the character building was observed with questionnaire and observation sheets. This research showed that the learning material was categorized as very proper and easily understood by the students. This learning material was also able to improve the students cognitive learning results and build their character.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, pemanasan global, konservasi, karakter. Learning material, global warming, conservation, character.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 13:35
Last Modified: 06 Oct 2017 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26672

Actions (login required)

View Item View Item