PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SUPLEMEN FISIKA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM SEBAGAI SARANA BERPIKIR KREATIF SISWA


Insan Kamla Yamani , 4201412019 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SUPLEMEN FISIKA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM SEBAGAI SARANA BERPIKIR KREATIF SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu kendala pembelajaran IPA pada kurikulum 2013 adalah terpadunya materi fisika, biologi dan kimia. Guru hanya menggunakan buku teks pelajaran dari pemerintah saja, sehingga perlu dikembangkan bahan ajar sebagai suplemen. Proses pembelajaran dapat diimplementasikan dengan bahan ajar yang berisi pertanyaan-pertanyaan konstektual untuk memfasilitasi keterampilan berpikir kreatif siswa. Bahan ajar yang dapat memfasilitasi keterampilan berpikir kreatif siswa salah satunya adalah bahan ajar berbasis open-ended problem. Bahan ajar dengan metode R & D. Desain uji coba dengan jenis One-Group Pretest Postest Design. Bahan ajar yang dihasilkan di dalamnya memuat karakteristik open-ended problem meliputi menyajikan konsep berorientasi pada konteks tentang kehidupan sehari-hari, menuntun siswa untuk menyelesaikan masalah dengan berbagai jawaban, dan memberikan latihan serupa dengan contoh yang diberikan. Bahan ajar yang dikembangkan selain terdapat karakteristik open-ended problem juga memuat kemampuan berpikir kreatif yang meliputi menuntun siswa memicu kelancaran berpikir, mengharuskan siswa unuk berpikir luwes, memicu siswa dalam originalitas berpikir, dan mengharuskan siswa menguraikan permasalahan. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar suplemen yang dihasilkan layak digunakan dengan persentase skor kelayakan sebesar 93,75%. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar suplemen mudah dipahami dengan persentase skor keterbacaan sebesar 95%. Rata-rata nilai gain, peningkataan berpikir kreatif siswa sebesar 0,86 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar suplemen fisika berbasis open-ended problem dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar suplemen, suhu dan perubahannya, open-ended problem, berpikir kreatif.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 11:39
Last Modified: 06 Oct 2017 11:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26669

Actions (login required)

View Item View Item