ANALISIS KONSEPSI SISWA KELAS XI SMA PADA FENOMENA GERAK VERTIKAL DENGAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX) TERMODIFIKASI


Satrio Abdurrahman , 4201412018 (2016) ANALISIS KONSEPSI SISWA KELAS XI SMA PADA FENOMENA GERAK VERTIKAL DENGAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX) TERMODIFIKASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fenomena gerak vertikal merupakan salah satu topik dalam kajian ilmu fisika dan penting untuk dibahas karena menyajikan konsep-konsep fisika yang mendasar. Selain siswa mempelajari konsep-konsep fisika dari aktivitas belajar secara formal, pengalaman sehari-hari membuat kognisi siswa selalu berkembang dan membentuk suatu struktur pengetahuan. Konsepsi muncul akibat struktur pengetahuan siswa digunakan untuk menafsirkan suatu permasalahan yang dihadapi. Untuk mengetahui bentuk konsepsi dan latar belakang yang menjadi faktor penyebab kemunculan konsepsi siswa dilakukan penelitian kualitatif tentang konsepsi siswa terhadap konsep-konsep fisika yang terpadu dalam fenomena gerak vertikal dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran. Pada tahap awal dilakukan tes tertulis yang bertujuan memunculkan konsepsi siswa dan pengisian kuesioner untuk mengetahui faktor penyebab konsepsi siswa. Soal tes tertulis dilengkapi dengan skala CRI termodifikasi karena mempertimbangkan faktor tingkat keyakinan siswa dalam menjawab terhadap kategori pemahaman konsep yang dimiliki siswa. Dari 66 responden yang diambil datanya saat tahap awal, 13 siswa terpilih menjadi responden wawancara. Tahap wawancara dilakukan untuk mengklarifikasi jawaban tertulis siswa dan untuk mengungkap lebih mendalam konsepsi siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemunculan bentuk konsepsi ilmiah, konsepsi alternatif, dan konsepsi paralel terungkap pada siswa kelas XI SMA saat siswa menjelaskan konsep-konsep fisika pada fenomena gerak vertikal. Bentuk konsepsi siswa yang muncul secara dominan adalah konsepsi alternatif akibat faktor pemahaman konsep yang kurang mendalam. Siswa yang memiliki konsepsi alternatif dilatarbelakangi oleh intuisi kehidupan sehari-hari, interpretasi kerangka teori spesifik, dan apresiasi konseptual. Sedangkan latar belakang struktur pengetahuan yang terfragmentasi menjadi faktor penyebab pada siswa yang memiliki konsepsi paralel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsepsi, Fenomena Gerak Vertikal, CRI Termodifikasi
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 11:34
Last Modified: 06 Oct 2017 11:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26668

Actions (login required)

View Item View Item