IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKS BERPENDEKATAN SCIENTIFIC MATERI SUHU DAN PEMUAIAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMA


Siti Aminah , 4201412007 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKS BERPENDEKATAN SCIENTIFIC MATERI SUHU DAN PEMUAIAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan strategis dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia yang tidak hanya ditujukan untuk menghasilkan pribadi yang cerdas dan terampil saja, tetapi juga pribadi yang berkarakter. Oleh karena itu, pada tahun 2010 pemerintah mencanangkan program pendidikan karakter yang didukung dengan adanya kurikulum 2013. Pemberlakuan kurikulum 2013 menuntut proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan scientific dan mengintegrasikan nilai-nilai karakter melalui suatu model pembelajaran, salah satunya yaitu model Problem Based Learning. Implementasi model Problem Based Learning ditunjang dengan adanya LKS berpendekatan scientific. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Problem Based Learning berbantuan LKS berpendekatan scientific materi suhu dan pemuaian pada siswa SMA, untuk mengetahui perkembangan karakter, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pre experimental dengan One Group Pre-test and Post-tes Design. Pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan model problem based learning berbantuan LKS berpendekatan scientific terintegrasi karakter. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa implementasi model Problem Based Learning berbantuan LKS berpendekatan scientific materi suhu dan pemuaian dapat mengembangkan karakter rasa ingin tahu, disiplin, kreatif, dan komunikatif dengan kategori sedang. Selain itu, hasil belajar kognitif dan psikomotorik juga mengalami peningkatan dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, LKS, pendekatan scientific, karakter
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 17:48
Last Modified: 05 Oct 2017 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26664

Actions (login required)

View Item View Item