IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PDEODE BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Soviana Fauziah , 4201412003 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PDEODE BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi di SMA Negeri 1 Bawang, diketahui bahwa kegiatan pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan jarang melakukan kegiatan percobaan. Siswa hanya mendapatkan pengetahuan yang bersifat informatif dan lebih banyak belajar secara individual, sehingga pemahaman konsep siswa kurang. Siswa akan lebih mengingat pemahaman konsep yang diperoleh dari hasil mengkonstruksi pemahamannya sendiri dibandingkan secara informatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran PDEODE berbasis Multiple Intelligences, dan mengetahui keefektifan model pembelajaran PDEODE berbasis Multiple Intelligences dalam peningkatan pemahaman konsep siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bawang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling, yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan model pembelajaran PDEODE berbasis Multiple Intelligences dan kelas kontrol mendapat perlakuan dengan model pembelajaran eksperimen verifikasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, dokumentasi, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) besarnya peningkatan rata-rata nilai pemahaman konsep siswa untuk kelas eksperimen sebesar 68,79% dan kelas kontrol sebesar 51,35%; (2) hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol; (3) kemampuan pemahaman konsep siswa dapat mencapai ketuntasan belajar klasikal yaitu 79,41% siswa telah mencapai KKM; (4) aktivitas siswa selama proses pembelajaran memiliki persentase 81,60% dengan kriteria baik; (5) tanggapan siswa terhadap pembelajaran memiliki persentase 80,90% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PDEODE berbasis Multiple Intelligences dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Model pembelajaran PDEODE berbasis Multiple Intelligences juga efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. -------------------------------------------------- Observation result in SMA Negeri 1 Bawang, we realize that learning process is mostly teacher-centered and seldom having attempted activities. Students only get informative knowledge and mostly doing individual learning activities, and makes low the students concepts understanding. Students will mostly remember the concept which they construct by themselves than informatively. This research was purposed to improve students concepts understanding after the implementation of PDEODE Multiple Intelligence-based learning model and unveil the effectiveness of this learning model. Population in this research were all students of XI IPA class of SMA Negeri 1 Bawang. Sampling was done by Cluster Sampling, which was XI IPA 4 class as experiment class and XI IPA 5 class as control class. Experiment class which received a treatment using PDEODE Multiple Intelligences based model and control class which received a treatment using verification experiment model. Methods of data collection in this research were test method, documentation,questionnaire, and observation. The research’s findings showed, (1) the improvement of students’ understanding was 68.79% for the experimental class and 51.35% for the control class; (2) the average test distribution showed that the average concepts understanding of the students in experimental class is better than the control class; (3) the concepts understanding of the students after the experiment was able to make them pass the classical learning in 79.41%; (4) the students’ activity in the learning process categorized as good with the percentage of 81.60%; (5) the students’ impression to the learning process was good in the percentage of 89.00%. Based on the research’s result, it can be concluded that the PDEODE learning model based on Multiple Intelligences can improve students’ concepts understanding and effective to improve students’ overall understanding.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PDEODE, Multiple Intelligences, pemahaman konsep. |
Subjects: | |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 05 Oct 2017 17:42 |
Last Modified: | 05 Oct 2017 17:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26663 |
Actions (login required)
View Item |