BAHAN AJAR BERBASIS REACT UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS VIII


Trimiyanti , 4201412002 (2016) BAHAN AJAR BERBASIS REACT UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Membangun karakter anak sejak usia dini sangat diperlukan dalam rangka menyiapkan generasi anak bangsa yang berkualitas dan dibutuhkan dalam pembangunan bangsa. Pendidikan karakter dapat dilakukan di sekolah dengan mengintregasikan nilai-nilai karakter ke dalam proses pembelajaran. Bahan ajar menjadi salah satu media yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk bahan ajar berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) untuk mengembangkan karakter diri siswa, mengetahui tingkat kelayakan dan keterbacaannya, serta mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan bahan ajar. Karakter yang dikembangkan pada penelitian ini adalah karakter diri yang meliputi sikap rasa ingin tahu, disiplin, jujur, tanggungjawab, dan mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Desain penelitian uji coba menggunakan One Grup Pre-test and Post-test Design. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-E SMP Negeri 16 Semarang, kota Semarang. Prosedur penelitian meliputi: (1) perencanaan, (2) pengembangan , dan (3) tahap uji coba . Bahan ajar diuji kelayakannya menggunakan angket kelayakan dan uji keterbacaan menggunakan tes rumpang. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Data perkembangan karakter siswa diperoleh melalui angket karakter dan observasi langsung. Hasil uji kelayakan bahan ajar menunjukkan bahan ajar memenuhi kriteria layak digunakan pada pembelajaran IPA dengan persentase 80,67%. Hasil uji keterbacaan menunjukkan persentase 87,50%, yang artinya bahan ajar mudah dipahami. Bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa serta dapat meningkatkan perkembangan karakter siswa dengan rata-rata uji gain sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, bahan ajar, REACT, Karakter.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 17:33
Last Modified: 05 Oct 2017 17:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26662

Actions (login required)

View Item View Item