PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Retno Yuniarti , 4201411147 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411147.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Prioritas utama dari sebuah sistem pendidikan adalah mendidik anak-anak tentang cara belajar dan berpikir kritis. Kenyataan di lapangan belum semua sekolah menerapkan hal tersebut. Bahan ajar dapat digunakan untuk membantu siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang didalamnya melibatkan kemampuan berpikir. Penggunaan bahan ajar dapat dipadukan dengan model pembelajaran yang menuntun siswa memperoleh pengetahuannya secara mandiri, selain itu efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Problem Based Instruction (PBI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik bahan ajar berbasis PBI, mengetahui kelayakan dan keterbacaan, serta mengetahui peningkatan hasil belajar pengetahuan dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan Quasi Experimental Design, Pretest and Posttest One Group. Penelitian dilaksanakan di SMAN 4 Tegal. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1. Prosedur penelitian meliputi: (1) pendahuluan, (2) rancangan dan (3) pengembangan produk. Bahan ajar diuji kelayakan menggunakan angket kelayakan dan keterbacaan menggunakan tes rumpang. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui pretest dan posttest. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari pretest dan posttest serta lembar observasi. Hasil uji kelayakan dan keterbacaan dihitung menggunakan analisis deskriptif persentase serta peningkatan hasil belajar menggunakan uji gain. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar sangat layak digunakan pada pembelajaran fisika. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar mudah dipahami. Bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan siswa serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Problem Based Instruction, kemampuan berpikir kritis
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 15:45
Last Modified: 05 Oct 2017 15:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26660

Actions (login required)

View Item View Item