PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA


Iis Kurningsih , 4201411145 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411145.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Orientasi pembelajaran yang berpusat pada guru masih belum sepenuhnya beralih pada pembelajaran yang berpusat pada siswa. Hal ini mengakibatkan siswa cenderung hanya mendengarkan dan tidak ada interaksi (komunikasi) antara guru dan siswa bahkan dengan sesama siswa. Oleh karena itu diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat mengoptimalkan proses pembelajaran, salah satunya yaitu pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualizatin berbasis eksperimen. Pembelajaran ini menuntut siswa untuk saling bekerja sama dengan kelompok yang anggotanya heterogen. Siswa juga mencoba dan melakukan sendiri kegiatan yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa dan keterampilan komunikasi siswa setelah diberikan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization berbasis eksperimen. Desain penelitian dengan menggunakan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah X MIA SMA Negeri 1 Juwana. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan lembar observasi untuk mengetahui perkembangan keterampilan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan pada uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung = 5,17 > ttabel = 1,99, artinya bahwa rata-rata penguasaan konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pada uji kesamaan rata-rata pada kelas eksperimen diperoleh thitung = 3,59 > ttabel = 2,03, artinya bahwa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Uji peningkatan rata-rata penguasaan konsep siswa kelas eksperimen diperoleh <g>=0,63 (sedang) dan kelas kontrol diperoleh <g>=0,45 (sedang). Uji peningkatan rata-rata keterampilan komunikasi siswa kelas eksperimen diperoleh <g>=0,63 (sedang) dan kelas kontrol diperoleh <g>=0,35 (sedang). Peningkatan gain untuk tiap-tiap indikator keterampilan komunikasi kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan tergolong kategori sedang. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization berbasis eksperimen efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan komunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization, Eksperimen, Penguasaan Konsep, Keterampilan Komunikasi.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 15:21
Last Modified: 05 Oct 2017 15:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26659

Actions (login required)

View Item View Item