PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK


Bernadetha Tyagita Larasati , 4201411129 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411129.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran IPA di SMP 29 Semarang sejauh ini masih berupa metode konvensional yaitu dengan ceramah dan mencatat. Proses pembelajaran yang demikian berpengaruh pada minat belajar siswa yang akhirnya berdampak pada hasil belajar yang relatif masih rendah dibanding mata pelajaran lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantu Lembar Kegiatan Siswa (LKS)terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada materi gerak.Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design jenis One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 29 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan ditentukan kelas VII A dan VII B sebagai kelas sampel. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai n-gain sebesar 0,593 yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar dalam kategori sedang. Selain itu persentase minat belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu dari persentase awal sebelum pembelajaran sebesar 74,79% dengan kategori cukup berminat menjadi 86,05% dengan kategoti berminat. Simpulan dari penelitian ini adalah model TAI berbantu LKS dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, dengan demikian dapat dijadikan sebagai salah satu referensi model pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas. Saran kepada guru diharapkan dapat mengenalkan dan melatih cara pemecahan masalah dan ketrampilan kooperatif sebelum atau selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Team Assited Individualization, Lembar Kegiatan Siswa, Gerak
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 15:17
Last Modified: 05 Oct 2017 15:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26658

Actions (login required)

View Item View Item