IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DISERTAI REFLEKSI DIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA


Ahmad Fatih Musyarrof , 4201411106 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DISERTAI REFLEKSI DIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411106.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar dan interaksi antara siswa dengan guru di dalam kelas XI SMA Negeri 1 Temanggung dirasa kurang optimal karena siswa hanya mengandalkan kemampuan menghapal mereka sehingga mengakibatkan ketidakmampuan siswa dalam memahami secara menyeluruh apa yang disampaikan oleh guru. Model pembelajaran yang variatif diperlukan agar kegiatan belajar yang dilakukan menjadi lebih efektif. Salah satu model pembelajaran yang dikembangkan dalam dunia pendidikan adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peningatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Temanggung pada pokok bahasan gerak parabola yang diajar dengan model pembelajaran jigsaw disertai refleksi diri, (2) membandingkan kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan gerak parabolaantara siswakelas XI SMA Negeri 1 Temanggung yang diajar dengan model pembelajaran jigsaw disertai refleksi diri dengan yang diajar dengan ekspositori, (3) mendeskripsikan bagaimana karakteristik kecenderungan refleksi diri siswa kelas XI SMA Negeri 1 Temanggung dalam mempelajari pokok bahasan gerak parabola. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah control group pre-test – post-test design dengan kelas XI SMA Negeri 1 sebagai populasinya. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran jigsaw dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran ekspositori. Hasil kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan. Peningkatan yang diperoleh pada kelas eksperimen tergolong sedang yaitu sebesar 0,46 yang nilainya lebih besar dari kelas kontrol yaitu sebesar 0,33. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran jigsaw disertai refleksi diri lebih baik dari siswa yang diajar secara ekspositori pada pokok bahasan gerak parabola. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran jigsaw disertai refleksi diri pada pokok bahasa gerak parabola mengalami peningkatan, (2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan gerak parabola yang diajar dengan model pembelajaran jigsaw disertai refleksi diri lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan dengan model ekspositori, (3) Karakteristik refleksi diri menunjukkan bahwa tidak banyak siswa yang memiliki karakter teliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Refleksi Diri, Berpikir Kreatif
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 15:12
Last Modified: 05 Oct 2017 15:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26656

Actions (login required)

View Item View Item