PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DIPADUKAN DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA


Arumni Muningsari , 4201411085 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DIPADUKAN DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411085.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dipadukan dengan Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatan aktivitas dan pemahaman konsep siswa.Berlakunya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006 menitikberatkan pembelajaran pada student center.Siswa dituntut aktif, kreatif dan mandiri dalam menyelesaikan masalah pembelajaran yang diterimanya.Fisika adalah bidang ilmu yang banyak membahas tentang alam dan gejalanya dari yang bersifat riil (terlihat secara nyata) hingga yang bersifat abstrak atau bahkan hanya berbentuk teori yang pembahasannya yang tidak bisa dipelajari hanya dengan menghafal teori.Pemahaman konsep sangat dibutuhkan siswa dalam mempelajari ilmu Fisika.TAI merupakan suatu model pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam kelompok.Model PBM dipandang dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah-masalah dunia nyata yang kemudian dapat meningkatkan pemahamannya terhadap suatu konsep.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kendal tahun ajaran 2014/2015.Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kelompok eksperimen terdiri dari kelas VII A dan kelas VII E. Kelompok kontrol terdiri dari kelas VII F dan kelas VII G. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes dan metode observasi yang dianalisis menggunakan uji t dan menggunakan uji gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran dengan model TAI yang dipadukan dengan PBM mengalami peningkatan aktivitas dan pemahaman konsep yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, pemahaman konsep Pembelajaran Berbasis Masalah, pembelajaran kooperatif, Team Assisted Individualization
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 15:09
Last Modified: 05 Oct 2017 15:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26655

Actions (login required)

View Item View Item