PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MATERI DAN SOAL SEBAGAI SUPLEMEN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATA PELAJARAN IPA


Nanang Sofiyullah , 4201411084 (2016) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MATERI DAN SOAL SEBAGAI SUPLEMEN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATA PELAJARAN IPA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah suatu komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari pendidik melalui saluran media tertentu ke peserta didik, namun dalam praktiknya beberapa peserta didik mengalami kesulitan, seperti kesulitan dalam memusatkan perhatian atau mengingat, yang berujung pada rendahnya penguasaan konsep dan hasil belajar yang lain. Permasalahan lain yang sering terjadi adalah pemotongan jam pelajaran untuk kegiatan sekolah. Mengingat permasalahan seperti itu, maka perlu adanya suplemen untuk mendukung proses belajar mengajar di kelas. Salah satu suplemen yang dapat digunakan adalah video pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan video pembelajaran interaktif berbasis materi dan soal untuk meningkatkan penguasaan konsep mata pelajaran IPA. Video pembelajaran interaktif dipilih karena menurut kerucut pengalaman memiliki keunggulan dari beberapa media lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu termasuk kategori metode penelitian research and development (R&D) atau penelitian dan pengembangan. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design dengan jenis pretest and posttest control group design. Video yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah video pembelajaran interaktif pada materi tekanan. Hasil perhitungan kualitas produk video pembelajaran interaktif, secara keseluruhan dari tiga penilai diperoleh skor rata-rata 79 sedangkan skor tertinggi adalah 88. Persentase perbandingan antara skor rata-rata penilai dengan skor tertinggi adalah 90 %. Respon siswa yang didapat dari angket menyatakan bahwa secara keseluruhan video pembelajaran interaktif memiliki kriteria sangat baik. Rata-rata nilai peningkatan penguasaan konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam kriteria sedang. Nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,43 dan nilai gain kelas kontrol sebesar 0,31. Selanjutnya setelah diketahui nilai thitung 2,38 kemudian dibandingkan dengan ttabel, yang nilainya 1,68. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat dinyatakan bahwa peningkatan penguasaan konsep kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis penelitian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran interaktif dapat meningkatkan penguasaan konsep mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kerucut pengalaman, penguasaan konsep, video pembelajaran interaktif
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 12:00
Last Modified: 05 Oct 2017 12:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26654

Actions (login required)

View Item View Item