PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA/MA SE-KOTA SALATIGA


Imastuti , 4201411083 (2016) PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA/MA SE-KOTA SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411083.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran fisika menuntut guru untuk mampu mengelola pembelajaran secara optimal dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan berbgai metode pembelajaran.Laboratorium sebagai salah satu sumber pembelajaran fisika sangat diperlukan untuk memberikan pengalaman nyata kepada siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan laboratorium fisika SMA/MA se-Kota Salatiga dalam mendukung pembelajaran fisika. Fokus penelitian ini adalah semua laboratorium fisika SMA/MA se-Kota Salatiga dengan mengkaji empat indikator, yaitu ketersediaan alat-alat praktikum, desain ruang laboratorium, administrasi laboratorium, pengelolaan penyelenggaraan praktikum, dan pelaksanaan keterampilan proses. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara.Pemeriksaan keabsahan data hasil pengukuran dari berbagai metode dengan menggunakan teknik triangulasi.Data penelitian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan secara keseluruhan dinyatakan bahwa pemanfaatan laboratorium secara keseluruhan bermanfaat untuk menunjang pembelajaran fisika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tiap tiap indikator dijelaskan sebagai berikut: (1) ketersediaan alat-alat praktikum fisika SMA/MA se-Kota Salatiga tergolong memadai dengan memperoleh nilai sebesar 65,96% dari standard ketersediaan alat-alat praktikum. (2) desain laboratorium fisika SMA/MA se-Kota Salatiga memiliki berbeda-beda variasi bentuk, dari model tradisional maupun non-tradisional ada, memiliki cukup mendukung dalam menunjang pembelajaran fisika yang memiliki nilai rata-rata 54% dari standard desain laboratorium. (3) administrasi laboratorium fisika SMA/MA se-Kota Salatiga cenderung cukup lengkap dan tertib dengan memperoleh nilai sebesar 50,22% dari standard data administratif laboratorium. (4) menurut persepsi guru pengelolaan penyelenggaraan laboratorium fisika SMA/MA se-Kota Salatiga cenderung digunakan dengan wajar, memperoleh nilai sebesar 67,13% dari data pengelolaan penyelenggaraan laboratorium, namun persepsi dari siswa mengenai pengelolaan penyelenggaraan laboratorium fisika SMA/MA se-Kota Salatiga hanya sebesar 39%. (5) menurut guru SMA/MA se-Kota Salatiga merasa mampu untuk mengembangkan keterampilan proses memiliki kategori menunjang pembelajaran fisika yang memiliki nilai sebesar 79,37% dari kisi kisi penilaian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan, laboratorium, pembelajaran fisika
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 11:56
Last Modified: 05 Oct 2017 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26653

Actions (login required)

View Item View Item