IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERINTEGRASI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA


Yogi Prabowo , 4201411081 (2016) IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERINTEGRASI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika di sekolah di kota Semarang, dijumpai belum melibatkan secara aktif siswa (student centered) dan kurang mengkaitkan dengan apa yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini berdampak pada pembelajaran yang dilakukan memberikan hasil belajar yang kurang maksimal serta kurang berkembangnya karakter siswa diantaranya karakter disiplin, tanggungjawab, rasa ingin tahu dan komunikatif. Sebagai solusi atas permasalah tersebut, melalui penelitian ini, diimplementasikan sebuah pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter pada pembelajaran fisika di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode preexperimental satu kelas eksperimen sebagai objek yang diberi perlakuan (treatment), dengan mengadopsi desain penelitian one group pretest-posttest. Sebagai variabel kontrol penelitian ini adalah implementasi pembelajaran CTL terintegrasi karakter pada pembelajaran fisika, sedangkan variabel bebasnya adalah peningkatan hasil belajar siswa, ketercapaian hasil belajar siswa dan perkembangan karakter siswa. Hasil penelititan ini diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen untuk aspek kognitif sebesar 49,17 dan aspek psikomotorik sebesar 61,78. Selain itu, diperoleh pula data-data perkembangan karakter siswa yang diperoleh melalui observasi dan pemberian angket. Kesimpulan pada penelitian ini yang pertama adalah implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) terintegrasi karakter dalam pembelajaran fisika, berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kedua, implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) terintegrasi karakter dalam pembelajaran fisika terhadap ketercapaian hasil belajar siswa, belum mampu mencapai nilai rata-rata KKM minimal sebesar 75,00. Ketiga, implementasi pembelajaran CTL terintegrasi karakter pada pembelajaran fisika dapat mengembangkan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL, hasil belajar, karakter.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 11:54
Last Modified: 05 Oct 2017 11:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26652

Actions (login required)

View Item View Item