PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ILMIAH SISWA SMP


Eni Sugiarti , 4201411048 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ILMIAH SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411048.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi yang dilaksanakan sebelum penelitian menunjukkan bahwa masih banyak guru yang menggunakan model pembelajaran ceramah. Pembelajaran ceramah merupakan pembelajaran yang berpusat pada guru dan tidak melibatkan partisipasi aktif dari siswa. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep dan kemampuan dalam berkomunikasi ilmiah. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan partisipasi aktif dari peserta didik adalah model pembelajaran inquiry berbasis metode pictorial riddle. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry berbasis metode pictorial riddle terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa SMP. Model pembelajaran inquiry berbasis metode pictorial riddle merupakan rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya. Dalam model pembelajaran ini, penyajian masalahnya disajikan dalam bentuk gambar atau riddle. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 27 Semarang. Pemilihan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling dengan pertimbangan kelas yang dipilih adalah kelas yang memiliki kemampuan berkomunikasi ilmiah rendah. Kelas yang dipilih adalah kelas VIII F dan VIII H. Dalam penelitian ini menggunakan quasi eksperimental tipe one group pretest posttest design. Hasil uji gain, diperoleh rata-rata pemahaman konsep dan kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa adalah sedang. Hasil analisis korelasi product moment, diperoleh adanya pengaruh positif penerapan model pembelajaran inquiry berbasis metode pictorial riddle terhadap peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa SMP. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran inquiry berbasis metode pictorial riddle berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: inquiry, pictorial riddle, pemahaman konsep, komunikasi ilmiah.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 11:46
Last Modified: 05 Oct 2017 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26650

Actions (login required)

View Item View Item