PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI MEDIA BUKU HARIAN PADA SISWA KELAS VIIB SMP N 1 GUNUNGWUNGKAL KABUPATEN PATI


Wenti Yulianingsih , 2101406693 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI MEDIA BUKU HARIAN PADA SISWA KELAS VIIB SMP N 1 GUNUNGWUNGKAL KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI MEDIA BUKU HARIAN PADA SISWA KELAS VIIB SMP N 1 GUNUNGWUNGKAL KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI MEDIA BUKU HARIAN PADA SISWA KELAS VIIB SMP N 1 GUNUNGWUNGKAL KABUPATEN PATI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis dibutuhkan dalam berbagai jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Meskipun demikian, pembelajaran menulis telah lama menjadi satu masalah dalam sistem pembelajaran bahasa Indonesia. Menurut hasil observasi dan wawancara peneliti dengan guru Bahasa Indonesia, siswa kelas VII-B belum bisa menulis dengan baik. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis surat pribadi tersebut, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dan media buku harian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis surat pribadi dan (2) bagaimana perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Gunungwungkal Kabupaten Pati setelah mengikuti pembelajaran menulis surat pribadi dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui media buku harian. Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat pribadi dan mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Gunungwungkal Kabupaten Pati terhadap pembelajaran menulis setelah mengikuti pembelajaran menulis surat pribadi dengan pendekatan keterampilan proses melalui media buku harian. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Gunungwungkal Kabupaten Pati. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis surat pribadi dan pendekatan keterampilan proses dengan media buku harian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data tes berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa keterampilan menulis surat pribadi setelah mengikuti pembelajaran menulis surat pribadi dengan pendekatan keterampilan proses melalui media buku harian terbukti mengalami peningkatan. Hasil tes pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 65,08, pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 74,15. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,92 dari siklus I. Hasil analisis observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Gunungwungkal Pati. Jumlah siswa yang melakukan perilaku negatif menjadi berkurang setelah melakukan pembelajaran menulis surat pribadi dengan pendekatan keterampilan proses melalui media buku harian. Saran dalam penelitian ini adalah pendekatan keterampilan proses dan media buku harian dapat dijadikan alternatif pilihan untuk memberikan variasi dalam pembelajaran keterampilan menulis surat pribadi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis surat pribadi, pendekatan keterampilan proses, media buku harian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 03:56
Last Modified: 25 Apr 2015 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2665

Actions (login required)

View Item View Item