IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP KREATIF SISWA


A’yunatul Muaffifah , 4201411040 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP KREATIF SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya materi atau pengetahuan yang dipelajari dalam fisika berupa konsep. Semakin baik siswa memahami konsep, maka siswa akan semakin mudah dalam mengkomunikasikan dan memecahkan masalah. Namun berdasarkan observasi terhadap pembelajaran di MAN 1 Semarang, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang bersifat satu arah dimana siswa hanya pasif dalam menerima transfer ilmu dari guru sehingga membatasi aktivitas dan kreativitas siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep dari materi yang dipelajarai untuk memecahkan masalah yang ada. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tujuan mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep dan sikap kreatif siswa yang mendapatkan model pembelajaran CUPs dengan metode mind mapping, keefektifan model pembelajaran CUPs dengan metode mind mapping dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, dan mengetahui adanya hubungan positif antara pemahaman konsep dan sikap kreatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 sebagai kelas kontrol dan X4 sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol mendapat model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CUPs dengan metode mind mapping. Tahapan dalam penelitian ini adalah studi pendahuluan, perumusan masalah, studi literatur, penentuan sampel, penyusunan instrumen dan perangkat pembelajaran, pretest, perlakuan pada sampel, posttest, analisis data, dan pembahasan. Instrumen yang digunakan berupa tes kognitif pemahaman konsep, angket dan lembar observasi sikap kreatif. Teknik analisis data menggunakan uji t-satu pihak, uji gain, dan uji korelasi product moment. Hasil uji hipotesis peningkatan pemahaman konsep dan sikap kreatif siswa menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Uji gain pemahaman konsep pada kelas eksperimen diperoleh nilai gain sebesar 0,72 dan kelas kontrol sebesar 0,66. Uji gain sikap kreatif pada kelas eksperimen diperoleh 0,42 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,10. Uji korelasi product moment diperoleh nilai r sebesar 0,62. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model CUPs dengan metode mind mapping mampu meningkatkan pemahaman dan sikap kreatif siswa, model CUPs dengan metode mind mapping lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran kovensional, serta terdapat hubungan positif antara pemahaman konsep dan sikap kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures, mind mapping, pemahaman konsep, dan sikap kreatif.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 11:43
Last Modified: 05 Oct 2017 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26649

Actions (login required)

View Item View Item