KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER DENGAN READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA


Dyah Ayu Mareta Nuraini , 4201411035 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER DENGAN READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411035.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajran kooperatif tipe NHT dengan Reading Guide terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran di SMP N 1 Rembang masih menggunakan metode ceramah serta nilai rata-rata ulangan harian kelas VIII materi cahaya masih rendah yaitu sebesar 62,68 sehingga perlu untuk ditingkatkan. Oleh sebab itu, diperlukan model pembelajaran yang menarik dan melibatkan keaktifan siswa yaitu dengan model pembelajaran Number Heads Together dengan pemberian Reading Guide sebagai panduan membaca siswa secara berkelompok sebelum diskusi agar setiap siswa memiliki jiwa kepemimpinan dan semangat akademik dalam setiap kelompok. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIID sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh dari dengan metode tes menunjukkan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen sebesar 78,13 dengan ketuntasan klasikal 94% dan kelas kontrol sebesar 67,81 dengan ketuntasan klasikal 78%, sedangkan prosentase rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,09% dan kelas kontrol sebesar 75,88%. Berdasarkan nilai rata-rata post test dan aktivitas siswa disimpulkan bahwa model pembelajaran Number Heads Together dengan Reading Guide lebih efektif daripada model pembelajaran Number Heads Together.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Number Heads Together, Reading Guide.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 11:40
Last Modified: 05 Oct 2017 11:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26648

Actions (login required)

View Item View Item