PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DENGAN TUTOR SEBAYA


Lia Lorenza , 4201411020 (2016) PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DENGAN TUTOR SEBAYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika masih cukup rendah terbukti masih banyak siswa mengerjakan tugas hanya dengan menyalin dari internet. Hasil wawancara tersebut juga menyatakan bahwa pembelajaran yang berbasis proyek pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini sangat jarang sehingga guru jarang menerapkan dalam pembelajaran dikelas. Pada kondisi lapangan yang sesungguhnya penilaian ataupun proses evaluasi dalam pembelajaran fisika masih cenderung berpatokan pada hasil tes. Kondisi tersebut tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah yang mengacu pada salah satu aspek dasar pertimbangan yang berkaitan dengan pengembangan kreativitas yaitu pendidikan disekolah lebih berorientasi pada pengembangan kecerdasan daripada pengembangan kreativitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi project based learning dengan tutor sebaya dapat mengembangkan kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Experiment dengan rancangan nonequivalent control group design yaitu dengan memberikan tes sebelum perlakuan dan memberikan tes setelah perlakuan. Berdasarkan uji peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan uji gain, diperoleh pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kelas kontrol yang menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, namun kelas eksperimen dan kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan uji perbedaan dengan menggunakan uji t, ternyata < pada taraf kesukaran 5% menunjukan adanya perbedaan hasil post test kemampuan pemecahan masalah siswa antara hasil post test kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen dan hasil post test kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol. Melalui metode observasi diperoleh hasil persentase dari seluruh tahap pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan kategori cukup kreatif, sedangkan pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori kurang kreatif. Hal ini menunjukkan melalui penerapan PjBL kemampuan pemecahan masalah dan pengembangan kerativitas meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, pemecahan masalah, project based learning, tutor sebaya
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 11:34
Last Modified: 05 Oct 2017 11:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26647

Actions (login required)

View Item View Item