PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN MEDIA POHON FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMP KELAS VIII


Siti Nur Hasanah , 4201411005 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN MEDIA POHON FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan melibatkan siswa penting dilakukan guna mengembangkan kreativitas siswa. Brainstorming merupakan metode pembelajaran yang menitiberatkan pada peran aktif siswa sehingga dapat melatih kreativitas. Kreativitas dibangun dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat tanpa ada kritikan. Pohon fisika menjadi sarana bagi siswa untuk mengungkapkan pendapat dan gagasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran brainstorming dengan media pohon fisika terhadap kreativitas peserta didik, sehingga menelaah (1) perbedaan kreativitas peserta didik antara kelompok tidak diberi perlakuan dengan kelompok yang diberi perlakuan menggunakan metode brainstorming dengan media pohon fisika dan (2) peningkatan kreativitas peserta didik setelah mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan metode brainstorming dengan media pohon fisika. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara sampling purposive sehingga terpilih satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran menggunakan metode brainstorming dengan media pohon fisika, sedangkan kelas kontrol memperoleh pembelajaran dengan metode diskusi. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode non-tes. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan kreativitas peserta didik, sedangkan metode non-tes digunakan untuk mengetahui sikap kreativitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan kreativitas awal dan akhir kelompok eksperimen berturut-turut adalah 52,15 dan 78,50, sedangkan pada kelompok kontrol berturut – turut 46,26 dan 68,18. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan kreativitas peserta didik antara kelompok tidak diberi perlakuan dengan kelompok yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran brainstorming dengan media pohon fisika. Kreativitas siswa pada kelas yang memperoleh pembelajaran menggunakan metode brainstorming dengan media pohon fisika lebih baik dari kelompok yang memperoleh pembelajaran menggunakan metode diskusi. Terdapat peningkatan kreativitas pada peserta didik setelah mendapat pembelajaran menggunakan metode brainstorming dengan media pohon fisika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran brainstorming, pohon fisika, kreativitas
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 11:22
Last Modified: 05 Oct 2017 11:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26646

Actions (login required)

View Item View Item