ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MEMAHAMI GRAFIK PADA PERKULIAHAN FISIKA DASAR JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Cahya Purwanto , 4201409072 (2016) ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MEMAHAMI GRAFIK PADA PERKULIAHAN FISIKA DASAR JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201409072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Grafik sebagai alat bantu untuk menampilkan data dan membantu menganalisis hubungan antara variabel-variabel sangat diperlukan dalam mata pelajaran fisika. Pentingnya memahami grafik tidak hanya oleh siswa, namun juga oleh guru, khususnya guru fisika. Mahasiswa program studi pendidikan fisika di Universitas Negeri Semarang sebagai calon guru dituntut mempunyai kemampuan yang baik dalam memahami grafik sehingga dapat menyampaikan materi dengan praktis dan efisien dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kesulitan yang dihadapi mahasiswa pendidikan fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang angkatan 2015 dalam memahami grafik pada perkuliahan fisika dasar. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis statistik deskriptif meliputi tahapan 1) Melakukan observasi awal untuk mencari informasi yang diperlukan. 2) Merancang instrumen penelitian. 3) Menentukan sampel. 4) Mengambil data. 5) Melakukan analisis data. 6) Menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman grafik mahasiswa pada aspek menerjemahkan (translasi) dan aspek meramalkan (ekstrapolasi) tersebar merata pada kategori tinggi (33,3%), sedang (33,3%) dan mudah (33,3%). Tingkat pemahaman aspek menafsirkan (interpretasi) tersebar dalam empat kategori yaitu sangat tinggi (10,53%), tinggi (31,58%), sedang (15,79%) dan rendah (42,11%). Kesulitan yang dihadapi mahasiswa ada pada lemahnya kemampuan penguasaan konsep fisika dan konsep grafik oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pemahaman, Grafik, Kesulitan.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2017 18:06
Last Modified: 04 Oct 2017 18:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26644

Actions (login required)

View Item View Item