EFEKTIVITAS PENERAPAN BAHAN AJAR INKUIRI BERBASIS WEB DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF


Kurniawan Eko Wasono , 4201409008 (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN BAHAN AJAR INKUIRI BERBASIS WEB DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201409008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pencapaian tujuan pendidikan bergantung pada proses belajar mengajar yang dialami oleh siswa sebagai peserta didik dan menjadi tanggung jawab guru sebagai pendidik. Pada saat ini para pendidik sudah mulai mendapatkan akses untuk menggunakan berbagai macam teknologi guna meningkatkan efektivitas proses belajar dan mengajar. Dampak positif dari perkembangan teknologi tersebut diantaranya adalah informasi yang dibutuhkan semakin cepat dan mudah diakses serta inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang untuk memudahkan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan bahan ajar inkuiri berbasis web yang memberikan informasi audio visual yang lebih interaktif. Dengan model pembelajaran blended learning berbasis web enhanced course diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Fisika ditinjau dari aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang meliputi tahap pretest, pembelajaran, dan tahap posttest. Penelitian dilakukan di SMA N 2 Ungaran tahun ajaran 2015/2016. Kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen diajar menggunakan bahan ajar inkuiri berbasis web, sedangkan kelas kontrol diberi pembelajaran tanpa bahan ajar inkuiri berbasis web. Pengambilan data diperoleh dari aspek kognitif yaitu nilai hasil pretest dan posttest. Pengolahan data dengan menggunakan analisis uji gain dan uji ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,484 > 0,250). Hasil persentase ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 85,29 % dan dikatakan tuntas secara klasikal. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan bahan ajar inkuiri berbasis web efektif digunakan pada siswa SMA kelas X.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fisika SMA, media pembelajaran, web.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2017 17:43
Last Modified: 04 Oct 2017 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26642

Actions (login required)

View Item View Item