PERUBAHAN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP BAYANGAN NYATA DAN BAYANGAN MAYA SETELAH MELAKUKAN KEGIATAN EKSPERIMEN FISIKA DASAR II TENTANG CERMIN


Ayu Sandra Indriyani , 4201408084 (2016) PERUBAHAN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP BAYANGAN NYATA DAN BAYANGAN MAYA SETELAH MELAKUKAN KEGIATAN EKSPERIMEN FISIKA DASAR II TENTANG CERMIN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201408084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman mahasiswa mengenai bayangan nyata dan bayangan maya masih beragam. Kebanyakan mahasiswa hanya mampu menjelaskan bayangan nyata dan bayangan maya secara umum.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dilakukan di Universitas Negeri Semarang. Sumber data yang digunakan adalah mahasiswa jurusan fisika semester II dan data nilai mahasiswa meliputi nilai tugas awal, nilai praktikum dan nilai laporan. Sampel penelitian ini satu rombel jurusan fisika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, tes dan nilai mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan perubahan pemahaman mahasiswa mengenai bayangan nyata dan bayangan maya pada saat sebelum melakukan eksperimen dan setelah melakukan eksperimen. Dapat dilihat dari nilai test ke nilai laporannya yang mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan dengan adanya kegiatan eksperimen dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa karena mereka dapat membuktikan sendiri teori yang sudah didapatkannya.Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa terjadi perubahan pemahaman mahasiswa. Terbukti dengan adanya peningkatan nilai mahasiswa sebelum melakukan kegiatan eksperimen dan sesudah melakukan kegiatan eksperimen. Sebelum melakukan eksperimen mahasiswa hanya dapat menjelaskan secara umum apa itu bayangan nyata dan bayangan maya. Setelah dilakukan eksperimen menunjukkan peningkatan nilai dan pengetahuan mahasiswa mengenai bayangan nyata dan bayangan maya. Jadi dengan adanya kegiatan eksperimen ini dapat membantu mahasiswa untuk dapat membuktikan dan memahami teori yang mereka ketahui sebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perubahan, Pemahaman, Bayangan Nyata, Bayangan Maya
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2017 17:37
Last Modified: 04 Oct 2017 17:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26641

Actions (login required)

View Item View Item