KONTRIBUSI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU PKn DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI DI KOTA SEMARANG
ANGELIA MURTI NINGSIH , 3401404026 (2011) KONTRIBUSI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU PKn DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KONTRIBUSI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU PKn DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI DI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kinerja guru merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan secara keseluruhan. Kinerja guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Hal yang melatarbelakangi permasalahan bahwa kurang optimalnya kinerja guru adalah sangat beragam, antara lain masalah belajar, kejenuhan dari siswa akibat cara mengajar yang monoton. Kurangnya kinerja guru dalam menyampaikan yang masih tradisional atau mekanisitik dimana siswa kurang banyak langsung dilibatkan dalam praktek, kurangnya pengetahuan guru dalam merespon keaktifan siswa dalam belajar siswa masih sering terjadi. Dengan permasalahan tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi motivasi berprestasi terhadap kinerja guru PKn dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Negeri di Kota Semarang sehingga diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran terhadap ilmu pengetahuan khususnya di bidang ilmu kewarganegaraan serta sebagai bahan penunjang untuk penelitian selanjutnya. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru PKn yang ada di SMP Negeri di Kecamatan Semarang Selatan sebanyak 103 orang (Dinas P & K, 2008). Sampelnya adalah guru PKn yang ada di SMP Negeri di Kecamatan Semarang Selatan sebanyak 27 responden. Teknik samplingnya adalah probability sampling dengan dengan teknik pengambilan sampel adalah Stratified Proportional Random Sampling, yaitu metode pengambilan sampel apabila populasi mempunyai anggota/unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proposional. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi terhadap kinerja guru PKn adalah signifikan positif. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung = 7,777 > nilai t tabel = 2,0595. Dari hasil pengujian, indikator motivasi berprestasi yang berpengaruh terhadap kinerja guru PKn adalah penghargaan sesama rekan kerja, sedangkan pengaruh yang paling kecil adalah kebebasan bekerja. Prosentase pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru PKn sebesar 69,6%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Dengan terbuktinya hasil penelitian tersebut, maka sebaiknya Kepala Sekolah memberikan semangat dan kegairahan kerja untuk berperan serta secara aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dan memperbaiki kualitas cara pembelajaran kepada siswa, maka akan semakin tinggi kinerja guru PKn yang optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, prestasi, Kinerja Guru. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 26 May 2011 04:11 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2664 |
Actions (login required)
View Item |