PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, ANGKATAN KERJA YANG BEKERJA, TAMATAN SLTA DAN UPAH MINIMUM TERHADAP PENGANGGURAN DI JAWA TENGAH TAHUN 2014


Selly Ollyviana , 4112313021 (2016) PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, ANGKATAN KERJA YANG BEKERJA, TAMATAN SLTA DAN UPAH MINIMUM TERHADAP PENGANGGURAN DI JAWA TENGAH TAHUN 2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112313021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya angkatan kerja yang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan di Jawa Tengah yang terus meningkat di setiap tahunnya. Sehingga hal ini apabila tidak ditangani akan berdampak kepada pengangguran. Pertumbuhan ekonomi suatu wilayah yang terus menunjukkan peningkatan menggambarkan bahwa perekonomian negara atau wilayah tersebut berkembang dengan baik. Sebaliknya apabila suatu perekonomian tersebut tidak dapat berkembang dengan baik di suatu wilayah hal terburuk yang akan muncul salah satunya diantaranya adalah masalah pengangguran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh jumlah penduduk, angkatan kerja yang bekerja, tamatan SLTA dan upah minimum terhadap jumlah pengangguran di Jawa Tengah Tahun 2014; (2) mengetahui besar kontribusi jumlah penduduk, angkatan kerja yang bekerja, tamatan SLTA dan upah minimum terhadap pengangguran di Jawa Tengah Tahun 2014. Dalam penelitian ini digunakan data sekunder yang ukurannya 35. Sumber data penelitian ini diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian ini menggunakan SPSS versi 20 yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah penduduk dan angkatan kerja yang bekerja mempengaruhi jumlah pengangguran di Jawa Tengah, sedangkan variabel tamatan SLTA dan upah minimum tidak mempengaruhi jumlah pengangguran di Jawa Tengah. Jumlah penduduk dan angkatan kerja yang bekerja memiliki pengaruh dengan kontribusi sebesar 81,9% terhadap jumlah pengangguran, sedangkan sisanya sebesar 18.1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: jumlah penduduk, angkatan kerja yang bekerja, tamatan SLTA, upah minimum, jumlah pengangguran
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2017 12:44
Last Modified: 04 Oct 2017 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26632

Actions (login required)

View Item View Item