PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, TOTAL ASET, DAN JUMLAH PEKERJA TERHADAP KLASIFIKASI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA DENGAN METODE REGRESI LOGISTIK BINER


Sekar Wahyuningrum , 4112313010 (2016) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, TOTAL ASET, DAN JUMLAH PEKERJA TERHADAP KLASIFIKASI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA DENGAN METODE REGRESI LOGISTIK BINER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112313010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini menggunakan model regresi logistik untuk mengetahui hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Model regresi logistik adalah suatu metode regresi yang menggambarkan hubungan antara suatu variabel dependen dan satu atau lebih variabel independen. Dimana variabel independen adalah ukuran perusahaan, total aset, dan jumlah pekerja. Untuk variabel dependen adalah kategori perusahaan manufaktur. Analisis yang dilakukan antara lain: penaksiran parameter, uji signifikan, dan uji kecocokan model. Data yang digunakan adalah data laporan keuangan tahun 2015 dari 48 perusahaan manufaktur di Indonesia yang terdaftar di BEI (bursa Efek Indonesia) yang diperoleh dari UNSSAF (UNNES Stock Exchange Forum). Diperoleh bahwa jumlah pekerja mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap klasifikasi perusahaan dilihat dari uji signifikansi parameter. Untuk total aset dan ukuran perusahaan tidak mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap klasifikasi perusahaan. Klasifikasi perusahaan mengalami perubahaan dari 24 menjadi 30 untuk perusahaan kategori mature dan 24 menjadi 18 untuk perusahaan kategori growth. Ketepatan klasifikasi perusahaan growth sebesar 45,8% dan klasifikasi perusahaan mature sebesar 70,8%. Secara keseluruhan ketepatan klasifikasi perusahaan mature dan growth adalah 58,3%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Klasifikasi, perusahaan manufaktur, regresi logistik
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 17:57
Last Modified: 03 Oct 2017 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26628

Actions (login required)

View Item View Item