ANALISIS SISTEM ANTRIAN DENGAN DISIPLIN PELAYANAN PRIORITAS (Studi Kasus Di Zahra Loundry Semarang)


Siti Ulfatun Nikmah , 4112313008 (2016) ANALISIS SISTEM ANTRIAN DENGAN DISIPLIN PELAYANAN PRIORITAS (Studi Kasus Di Zahra Loundry Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112313008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Antrian adalah keadaan di mana seorang individu atau barang harus menunggu giliran untuk mendapatkan jasa pelayanan. Seringkali dijumpai antrian yang memiliki nomor urut pertama akan mendapatkan pelayanan pertama, tetapi dalam kondisi tertentu terdapat disiplin pelayanan yang diurutkan berdasarkan prioritas, di mana prioritas yang tinggi akan dilayani terlebih dahulu dibandingkan prioritas yang rendah. Zahra Loundry Semarang menerapkan disiplin pelayanan prioritas pada pencucian barang yang dikategorikan menjadi kategori kilat dan biasa. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan sistem antrian yang terjadi di Zahra Loundry Semarang, menentukan waktu tunggu barang kategori kilat dan biasa dalam antrian dan sistem, menentukan banyak barang kategori kilat dan biasa dalam antrian dan sistem, menentukan probabilitas tidak ada barang dalam sistem kategori kilat dan biasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini melalui beberapa tahap yaitu menentukan tempat dan waktu pelaksanaan serta variabel penelitian, pengumpulan data, analisis data, penarikan simpulan dan saran. Pengambilan data dilakukan selama tiga hari yaitu 19 Agustus 2016 – 21 Agustus 2016 pada pukul 08.00 – 21.00 di Zahra Loundry Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kedatangan barang mengikuti distribusi Poisson dan pola pelayanan barang tidak mengikuti distribusi Eksponensial. Hasil analisis dari sistem antrian dengan disiplin pelayanan prioritas diperoleh waktu tunggu barang dalam antrian dan sistem yang terlama pada kategori kilat dan biasa terjadi pada tanggal 19 Agustus 2016. Sedangkan banyak barang dalam antrian dan sistem kategori kilat dan biasa paling banyak terjadi pada tanggal 19 Agustus 2016 dan 20 Agustus 2016. Untuk probabilitas tidak ada barang kategori kilat dan biasa mulai tanggal 19 Agustus 2016 – 21 Agustus 2016 nilainya kurang dari artinya di dalam sistem terdapat barang kategori kilat dan biasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Antrian, Disiplin Pelayanan Prioritas, Zahra Loundry
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 17:48
Last Modified: 03 Oct 2017 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26627

Actions (login required)

View Item View Item