PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH DAERAH DAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2005-2015


Dirta Sugiarti , 4112313003 (2016) PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH DAERAH DAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2005-2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112313003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemajuan suatu wilayah dapat dilihat dengan peningkatan Pertumbuhan Ekonomi wilayah tersebut. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari pengeluaran pemerintah daerah dan penerimaan pajak daerah terhadap pertumbuhan ekonomi studi kasus pada Kabupaten Demak tahun anggaran 2005-2015. Untuk itu dibuat Tugas Akhir Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Daerah dan Penerimaan Pajak Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Demak Pada Tahun 2005-2015. Dalam penelitian menggunakan beberapa metode untuk mengumpulkan data di antaranya adalah metode studi pustaka dan metode dokumentasi. Data-data yang digunakan sebagai bahan analisis diperoleh dari BPS Kabupaten Demak. Dalam melakukan pengujian, penulis menggunakan Analisis Regresi Ganda. Dengan melakukan uji normalitas dapat diketahui bahwa data-data yang digunakan berdistribusi normal. Juga untuk mengetahui bahwa ketiga variabel memiliki hubungan yang signifikan. Hasil pengujian tersebut digunakan untuk membantu menentukan apakah data-data tersebut layak menjadi data untuk diuji dengan menggunakan Analisis Regresi Ganda atau tidak. Jika data tersebut layak, maka akan didapat persamaan Regresi Ganda dan menguji apakah Koefisien Korelasinya berarti. Besarnya pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) dapat dilihat dari besarnya Koefisien Determinasi (R2) yang kemudian disajikan dalam bentuk presentase. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh persamaan Regresi Ganda ̂ . Karena dari uji kelinieran dan keberartian yang menunjukkan bahwa persamaan regresi tidak linier dan tidak berarti, maka variabel pengeluaran pemerintah (X1) dikeluarkan. Sehingga persamaannya menjadi ̂ . Dari data yang digunakan, diperoleh koefisien korelasi R = 0,696 dan koefisien determinasi R2 = 0,485. Nilai ini menunjukkan bahwa Pertumbuhan Ekonomi dipengaruhi oleh variabel Pengeluaran Penerimaan Pajak Daerah sebesar 48,5% sedangkan sisanya 51,5 % variabel Pertumbuhan Ekonomi dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel Pengeluaran Pemerintah Daerah dan Penerimaan Pajak Daerah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengeluaran pemerintah, penerimaan pajak, pertumbuhan ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 17:42
Last Modified: 03 Oct 2017 17:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26625

Actions (login required)

View Item View Item