PEMETAAN SARANA PRASARANA SEKOLAH NEGERI DI KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS


Alamsyah Adhi Kusuma Putra , 4112312032 (2016) PEMETAAN SARANA PRASARANA SEKOLAH NEGERI DI KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112312032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memudahkan manusia untuk memperoleh informasi khususnya informasi geografis. Sistem informasi geografis (SIG) yang dirancang dan dibangun untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana rancang bangun sistem informasi geografis pemetaan kebutuhan sarana prasarana sekolah negeri di Kecamatan Madukara sebagai solusi permasalahan yakni sulitnya memantau keadaan sekolah secara utuh terkait sarana prasarana sekolah dan pengambilan kebijakan oleh Dinas Pendidikan Kecamatan dalam pemerataan pembangunan. Program pengembangan sistem yang digunakan dalam rancang bangun SIG terhadap pemetaan kebutuhan sarana prasarana sekolah negeri di Kecamatan Madukara menggunakan software ArcGis. Software ArcGis akan menghasilkan peta dari masing-masing indikator kebutuhan sarana prasarana sekolah. Hasil penelitian ini adalah sebuah program sistem informasi geografis pemetaan sarana prasarana sekolah di Kecamatan Madukara. Ada dua program dalam penelitian yang penulis laksanakan. Yaitu program input dan program tampilan, program input berisi halaman pengisian angket dan halaman hasil input angket. Lalu hasil input tersebut diolah menggunakan software ArcGis, peta hasil software ArcGis tersebut akan ditampilkan sebagai sebuah program dalam bahasa pemrograman Visual Basic. Program sistem informasi geografis pemetaan kebutuhan sarana prasarana sekolah negeri di Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara memuat 18 tampilan halaman yang 15 diantaranya merupakan halaman peta dari indikator-indikator kebutuhan sarana prasarana sekolah yang menampilkan keadaan sekolah secara utuh agar dapat memenuhi kebutuhan monitoring oleh instansi terkait.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SIG, ArcGis, Visual Basic
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 16:37
Last Modified: 03 Oct 2017 16:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26623

Actions (login required)

View Item View Item