EFEKTIVITAS ALGORITMA CLARKE-WRIGHT DAN SEQUENTIAL INSERTION DALAM PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN TABUNG GAS LPG


Siti Rupiah , 4111412062 (2016) EFEKTIVITAS ALGORITMA CLARKE-WRIGHT DAN SEQUENTIAL INSERTION DALAM PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN TABUNG GAS LPG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111412062.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan rute pendistribusian termasuk dalam Vehicle Routing Problem (VRP) yaitu permasalahan penentuan rute kendaraan untuk melayani beberapa pelanggan. Jenis VRP di antaranya Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) di mana setiap kendaraan mempunyai kapasitas yang terbatas. Permasalahan distribusi tabung gas LPG dari salah satu agen LPG di Blora yaitu PT. X ke beberapa sub agen/pangkalan merupakan contoh kasus permasalahan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). Dalam penelitian ini, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana menyelesaikan masalah rute pendistribusian tabung gas LPG menggunakan algoritma Clarke-Wright dan algoritma Sequential Insertion. Pencarian rute tersebut dilakukan secara hitungan manual dan dengan bantuan program Matlab R2014a. Selanjutnya akan ditentukan keefektifan dari penggunaan kedua algoritma tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara secara langsung dengan pegawai di PT. X. Data yang diambil berupa alamat-alamat pelanggan dan jumlah permintaan setiap pelanggan pada bulan April 2016. Selanjutnya dilakukan pencarian jarak dari masing-masing lokasi ke lokasi lain dengan bantuan google maps. PT. X Blora mendistribusikan gas LPG 3 kg ke 38 tempat di 7 kecamatan. PT. X biasanya mendistribusikan tabung gas ke pangkalan sebanyak 3 kali seminggu dengan menggunakan 3 kendaraan berkapasitas 560 tabung. Pada solusi algoritma Clarke-Wright diperoleh penghematan jarak sebesar 146,2 km/minggu dan penghematan biaya transportasi sebesar Rp.94.116,25/minggu. Sedangkan pada solusi algoritma Sequential Insertion diperoleh penghematan jarak sebesar 160,2 km/minggu dan penghematan biaya transportasi sebesar Rp.103.128,75/minggu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rute yang dibentuk menggunakan algoritma Sequential Insertion pada kasus ini lebih efektif dibandingkan rute yang dibentuk menggunakan algoritma Clarke-Wright. Dari hasil analisis, diharapkan PT. X menerapkan algoritma Sequential Insertion dalam proses pendistribusian tabung gas LPG 3 kg sehingga biaya yang dikeluarkan minimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CVRP, Algoritma Clarke-Wright, Algoritma Sequential Insertion, Matlab.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 13:45
Last Modified: 03 Oct 2017 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26619

Actions (login required)

View Item View Item