PERHITUNGAN NILAI PREMI DAN TUNAI MANFAAT ASURANSI DENGAN BUNGA STOKASTIK MENGGUNAKAN MODEL VASICEK DAN CIR


Ella Maghfira Maulani , 4111412045 (2016) PERHITUNGAN NILAI PREMI DAN TUNAI MANFAAT ASURANSI DENGAN BUNGA STOKASTIK MENGGUNAKAN MODEL VASICEK DAN CIR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111412045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Asuransi dikembangkan untuk menghasilkan pemecahan praktis bagi ketidakpastian dan kerugian ekonomis. Ada beberapa jenis asuransi diantaranya adalah asuransi jiwa, setelah mengikuti asuransi jiwa maka nasabah harus membayar premi sesuai dengan polis yang disetujui dan mendapatkan nilai tunai manfaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung nilai tunai manfaat dan nilai premi asuransi jiwa seumur hidup dengan tingkat suku bunga stokastik dan tingkat suku bunga konstan, tingkat suku bunga stokastik yang digunakan adalah model vasicek dan CIR. Nilai tunai manfaat merupakan nilai polis pada satu saat tertentu yang besarnya tidak sama dengan jumlah premi yang telah dibayar karena nilai tunai manfaat yang diperoleh adalah sekitar 5% dari jumlah premi yang telah dibayar. Nilai tunai manfaat hanya diperoleh oleh nasabah yang mengikuti asuransi jiwa seumur hidup. Sedangkan nilai premi adalah sejumlah uang yang di bayarkan kepada pihak asuransi sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat. Dalam penelitian ini menghitung premi tahunan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data tingkat Suku Bunga Indonesia (SBI) dan tabel mortalita Indonesia 2011 untuk perempuan dan lakilaki. Tingkat suku bunga Indonesia digunakan sebagai estimasi parameter yang mana parameter itu untuk menghitung tingkat suku bunga dengan model vasicek dan CIR. Langkah-langkah untuk menghitung nilai premi dan tunai manfaat yaitu mengestimasi nilai parameter , menghitung tingkat suku bunga menggunakan model vasicek dan CIR, menghitung nilai tunai manfaat, anuitas dan nilai premi. Perhitungan nilai tunai manfaaat penelitian ini sampai usia 65 tahun untuk laki-laki dan 70 tahun untuk usia perempuan, usia tersebut berdasarkan angka harapan hidup orang Indonesia meninggal dunia. Perhitungan nilai tunai manfaat dan nilai premi ini untuk pengguna asuransi jiwa seumur hidup. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat suku bunga, tabel mortalita, jenis kelamin dan usia mempengaruhi nilai tunai manfaat dan nilai premi. Nilai tunai manfaat dan premi dengan tingkat suku bunga vasicek lebih rendah dari nilai tunai manfaat dan premi dengan tingkat suku bunga CIR. Sedangkan bunga stokastik dan bunga konstan yang menghasilkan nilai premi yang lebih murah dan nilai tunai manfaat yang lebih besar diantara keduanya adalah adalah nilai premi dan nilai tunai manfaat dengan bunga konstan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asuransi Jiwa, Asuransi Jiwa Seumur Hidup, Nilai Tunai Manfaat, Nilai Premi, Tingkat Suku Bunga Stokastik.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 11:43
Last Modified: 03 Oct 2017 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26612

Actions (login required)

View Item View Item