ANALISIS QUICK COUNT METODE MULTISTAGE RANDOM SAMPLING DENGAN ESTIMASI KONFIDENSI INTERVAL MENGGUNAKAN METODE BAYES (Studi Kasus: Quick Count Pemilihan Presiden 9 Juli 2014 oleh Lembaga Survei Indonesia)


Nur Hidayah , 4111412016 (2016) ANALISIS QUICK COUNT METODE MULTISTAGE RANDOM SAMPLING DENGAN ESTIMASI KONFIDENSI INTERVAL MENGGUNAKAN METODE BAYES (Studi Kasus: Quick Count Pemilihan Presiden 9 Juli 2014 oleh Lembaga Survei Indonesia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111412016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode Multistage Random Sampling dalam perhitungan cepat (Quick Count) merupakan teknik sampling yang dikontruksikan dari metode sampling acak sederhana yang melalui beberapa tahapan pengambilan sampel secara acak. Analisis statistik yang digunakan adalah metode Inferensi Statistik, yaitu berupa perhitungan proporsi perolehan suara untuk mengetahui penyebaran suara untuk masing-masing kandidat dengan mengestimasi konfidensi interval menggunakan metode Bayes. Permasalahan yang digunakan adalah : 1) bagaimana perhitungan inferensi statistik mencari proporsi ukuran sampel quick count metode Multistage Random Sampling mewakili populasi dengan mengestimasi konfidensi interval menggunakan metode Bayes, 2) bagaimana analisis akurasi dan presisi quick count Pemilihan Umum Presiden 2014 oleh Lembaga Survei Indonesia. Penulisan skripsi ini dengan tujuan mengetahui perhitungan inferensi statistik dengan mengestimasi konfidensi interval metode Bayes dan mengetahui tingkat akurasi dan presisinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah studi literatur atau kajian pustaka dengan tahap-tahap : 1) pemilihan masalah, 2) merumuskan masalah, 3) studi pustaka, 4) pemecahan masalah terdiri dari identifikasi materi prasyarat dan analisis data sebagai studi kasus, 5) penarikan kesimpulan. Dengan teknik Multistage Random Sampling oleh Lembaga Survei Indonesia pada Pemilu tahun 2014 diperoleh ukuran sampel secara proporsional di tingkat provinsi dan secara acak di tingkat Kabupaten/Kota dari e ili tersampel yang tersebar di 3990 TPS sehingga estimasi konfidensi interval dengan metode bayes menghasilkan rentang proporsi pemilih kandidat 1 adalah dan kandidat 2 adalah . Dari perhitungan diperoleh proporsi kandidat 1 adalah 47,02% dan kandidat 2 adalah 52,98%. Oleh karena urutan perolehan suara untuk setiap kandidat adalah sama antara KPU dan LSI maka LSI pada pemilu 2014 memiliki akurasi yang tinggi dan karena selisih hasil perhitungannya masih terletak dalam batas kesalahan yang ditoleransi maka LSI juga memiliki presisi yang tinggi. Analisis quick count metode Multistage Random Sampling pada intinya untuk menganalisis seberapa akurat dan presisi suatu lembaga dengan teknik analisis inferensi statistika salah satunya dengan metode Bayes pada lembaga peneliti yang terpilih sebagai studi kasus. Pada analisis quick count digunakan software khusus yang dijalankan oleh organisasi lembaga peneliti yang praktis dan bersifat rahasia, namun harus lebih mengetahui terlebih dahulu perhitungan secara manualnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bayes, Konfidensi Interval, Multistage Random Sampling, Quick Count.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2017 13:04
Last Modified: 02 Oct 2017 13:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26607

Actions (login required)

View Item View Item