OPTIMASI PENENTUAN KOMBINASI PRODUK BERDASARKAN PRAKIRAAN DAN METODE LINEAR PROGRAMMING (Studi Kasus UD. Bawang Putih Pati)


Nur Septiani , 4111412015 (2016) OPTIMASI PENENTUAN KOMBINASI PRODUK BERDASARKAN PRAKIRAAN DAN METODE LINEAR PROGRAMMING (Studi Kasus UD. Bawang Putih Pati). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111412015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

UD. Bawang Putih Pati adalah perusahaan yang menjalankan proses produksinya berdasarkan pesanan atau permintaan. Jadi jumlah pemenuhan permintaan pasar atau konsumen di sini merupakan penjualan. Untuk itu diperlukan prakiraan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan produksi. Metode yang digunakan adalah perbandingan dari metode trend linear dan trend eksponensial. Hasil prakiraan dijadikan sebagai fungsi kendala pada penyelesaian optimasi penentuan kombinasi produk. Penulis menggunakan Linear Programming metode simpleks dan uji sensitivitas untuk masalah optimasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) model prakiraan masingmasing jenis makanan ringan pada Perusahaan UD. Bawang Putih Pati agar bisa memprediksi jumlah penjualan pada masa yang akan datang; (2) kombinasi produk yang tepat dan efisien yang harus diproduksi pada Perusahaan UD. Bawang Putih Pati menggunakan Linear Programming. (3) sejauh mana UD. Bawang Putih Pati dapat menerima kenaikan dan penurunan pesanan. Metode penelitian ini adalah menemukan masalah, merumuskan masalah, melakukan pengambilan data sekunder dari Perusahaan UD. Bawang Putih Pati dan studi pustaka, menganalisis, memecahkan masalah serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh model terbaik yaitu model trend eksponensial penjualan jenis makanan ringan yaitu Krupuk Pangsit , Keciput , Cheese Stik , Unthuk Yuyu , dan Kue Lipat Terjadi kenaikan stabil dari masing-masing produk. Penyelesaian optimasi menggunakan Linear Programming pada Maret 2016 minggu pertama diperoleh kombinasi produk yaitu Krupuk Pangsit adalah 121 Kg, Keciput adalah 117 Kg, Cheese Stik adalah 144 Kg, Unthuk Yuyu adalah 110 Kg, dan Kue Lipat adalah 112 Kg, pendapatan Rp.21.546.000,00. Analisis sensitivitas dalam penurunan dan kenaikan pesanan pada Kerupuk Pangsit 121 kg sampai dengan 331,3 kg, Keciput = 117 kg sampai dengan 197,5 kg, Cheese Stik 144 kg sampai dengan 98,75 kg, Unthuk Yuyu 111 kg sampai dengan 197,5 kg; Kue Lipat = 113 kg sampai dengan 98,75 kg. Dari hasil penelitian diharapakan perusahaan menggunakan metode Trend Eksponensial untuk memprakirakan penjualan di masa mendatang, dan Linear Programming untuk perencanaan produksi. Perusahaan harus mempertahankan nilai penjualan musim yang mengalami peningkatan sedangkan musim mengalami penurunan dilakukan peningkatkan pemasaran agar pendapatan meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: optimasi, prakiraan, Linear Programming, analisis sensitivitas Perusahaan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2017 12:50
Last Modified: 02 Oct 2017 12:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26606

Actions (login required)

View Item View Item