Metode Fuzzy TOPSIS Multiple-Attribute Decision Making (MADM) Sebagai Alternatif Pengambilan Keputusan Menentukan Penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) Berbasis Web.


Bravura Candra Halim , 4111411046 (2016) Metode Fuzzy TOPSIS Multiple-Attribute Decision Making (MADM) Sebagai Alternatif Pengambilan Keputusan Menentukan Penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) Berbasis Web. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111411046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengambilan keputusan untuk menentukan penerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Data yang diambil adalah data calon penerima beasiswa PPA 2015 sebanyak 50 orang dengan rincian kriteria data yang meliputi IPK, jumlah sks yang ditempuh, nilai kemahasiswaan, dan besar pendapatan orang tua. Proses pengambilan keputusan penerimaan beasiswa PPA UNNES diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dengan basis data MySQL. Sedangkan pada proses perhitungannya dengan menerapkan metode Fuzzy TOPSIS Multiple-Attribute Decision Making. Pada penelitian ini proses perhitungan dimulai dari pembentukan matriks keputusan yang berasal dari data kriteria nilai calon penerima beasiswa yang telah dikonversikan ke dalam bilangan fuzzy berdasarkan aturan yang telah ditetapkan untuk setiap kriteria. Selanjutnya dibentuk matriks keputusan ternormalisasi, matriks ternormalisasi terbobot, menentukan solusi ideal positif dan negatifnya, mencari jarak antara nilai setiap alternatif dengan solusi ideal positif dan negatifnya, dan meranking dari nilai preferensi. Hasil sistem penerimaan beasiswa PPA UNNES dari penelitian ini adalah perankingan dari 50 nilai preferensi mahasiswa calon penerima beasiswa dan selanjutnya diambil mahasiswa yang menduduki peringkat 10 besar dari hasil perankingan nilai preferensi untuk direkomendasikan lolos dalam penerimaan beasiswa PPA UNNES. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil simpulan yaitu sistem pendukung keputusan berbasis web dapat dibangun menggunakan metode Fuzzy TOPSIS MADM dengan struktur bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai Database Management System (DBMS). Dalam pengembangan sistem kedepannya, dapat dilakukan dengan menambahkan data lain yang mendukung penyeleksian beasiswa PPA, misalnya penambahan kriteria. Selain itu, sistem dapat dikembangkan dalam bentuk website dengan tingkat yang lebih kompleks agar penyeleksian lebih efektif dan efisien. Dalam memecahkan masalah multikriteria alangkah lebih baik dicoba untuk menggunakan metode selain Fuzzy TOPSIS MADM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy TOPSIS MADM, Pengambilan Keputusan, Beasiswa PPA.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 16:38
Last Modified: 29 Sep 2017 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26601

Actions (login required)

View Item View Item