IMPLEMENTASI METODE AHP-WP PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TELADAN (Studi Kasus: Yayasan Abadiyah Kuryokalangan)


Slamet Rif`an , 4111411025 (2016) IMPLEMENTASI METODE AHP-WP PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TELADAN (Studi Kasus: Yayasan Abadiyah Kuryokalangan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111411025.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Yayasan Abadiyah Kuryokalangan merupakan Yayasan swasta yang terdapat di Pati yang selalu berupaya dalam peningkatan mutu internal dengan melakukan penilaian terhadap kinerja guru. Proses penilaian tersebut masih dilakukan secara manual, maka dari itu perlu dibuatkan aplikasi pemilihan guru teladan yang lebih baik guna mempermudah pihak yayasan/sekolah dalam menentukan guru teladan. Metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan pemilihan guru teladan adalah penggabungan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan metode Weighted Product (WP). Metode AHP digunakan untuk pembobotan kriteria dan uji konsistensi terhadap matriks perbandingan berpasangan, sedangkan metode WP digunakan untuk melakukan perankingan dalam menentukan alternatif terbaik. Metode penelitian meliputi beberapa tahap yaitu studi pendahuluan, tahap pengumpulan data, tahap pengembangan sistem dan penarikan kesimpulan. Pengembangan implementasi metode AHP-WP sebagai sistem pendukung keputusan pemilihan guru teladan di Yayasan Abadiyah Kuryokalangan menggunakan pendekatan Waterfall Model. Waterfall model ini terbagi menjadi 4 tahap yaitu analisis (analysis), desain (design), pengkodean (code) dan pengujian (test). Sistem ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah alternatif guru yang memiliki nilai tertinggi dibandingkan dengan alternatif guru yang lain. Dari hasil perankingan dengan menggunakan sistem ini diperoleh bahwa guru yang memiliki nilai tertinggi yaitu guru dengan kode guru: A05 dengan nilai 0.0195981, sehingga guru tersebut merupakan rekomendasi guru yang terpilih sebagai guru teladan. Simpulan yang diperoleh adalah perancangan sistem pendukung keputusan pemilihan guru teladan menggunakan metode AHP-WP dibuat berdasarkan hasil yang telah diperoleh dari tahap pengumpulan data, selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk membuat desain sistem; dan implementasi metode AHP-WP pada sistem pendukung keputusan pemilihan guru teladan ini dapat menentukan bobot kriteria yang konsisten dan memberikan alternatif guru dengan nilai tertinggi yang terpilih sebagai guru teladan. Sistem ini dapat dikembangkan dengan menambahkan bilangan fuzzy, menambahkan kriteria lain yang mendukung pemilihan guru teladan, serta dapat menggunakan penggabungan metode lain untuk mendapat keputusan yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, AHP-WP, Pemilihan Guru Teladan.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 15:46
Last Modified: 29 Sep 2017 15:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26597

Actions (login required)

View Item View Item