PENERAPAN ALGORITMA RECURSIVE BEST FIRST SEARCH DALAM PENYELESAIAN TRAVELING SALESMAN PROBLEM DI PT. BINTANG SERVICE MANAGEMENT


FAOZI , 4111411020 (2016) PENERAPAN ALGORITMA RECURSIVE BEST FIRST SEARCH DALAM PENYELESAIAN TRAVELING SALESMAN PROBLEM DI PT. BINTANG SERVICE MANAGEMENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111411020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyaknya perusahaan dalam industri, serta kondisi perekonomian saat ini telah menciptakan suatu persaingan yang ketat antar perusahaan. Persaingan tersebut mengakibatkan mengalihdayakan proses-proses yang bukan merupakan kompetensi utama (core competence) perusahaan tersebut ke pihak lain (outsourcing) agar perusahaan dapat memfokuskan pada kompetensi utama. Masalah yang terjadi pada pihak outsourching (PT. Bintang Service Management) dengan semakin banyaknya klien adalah semakin banyak pilihan rute perjalanan yang harus dilalui pihak outsourcing untuk melakukan pengadaan barang dan pengecekan barang di mana perusahaan berangkat dari kantor dan harus mengunjungi setiap perusahaan klien tepat satu kali, kemudian kembalilagi ke kantor. Masalah ini disebut Traveling Salesman Problem (TSP). Traveling Salesman Problem dapat divisualisasikan dalam bentuk graf Hamilton untuk diselesaikan dengan algoritma Recursive Best First Search (RBFS), sementara salah satu cara untuk mempermudah proses perhitungan dapat dibuat program menggunakan bahasa Hipertext Preprocessor (PHP). Penelitian dilakukan dengan mengambil data klien dari perusahaan otsourching di wilayah Semarang, selanjutnya data dimodelkan dalam bentuk peta graf Hamilton menggunakan library LeafletJS dan data diproses menggunakan algoritma Recursive Best First Search sehingga diperoleh rute terpendek yang divisualisasikan dalam bentuk peta.hbjh Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: (1) Penerapan algoritma Recursive Best First Search untuk mengatasi Traveling Salesman Problem di PT. Bintang Service Management; (2) Pembuatan program algoritma Recursive Best First Search dalam penyelesaian Traveling Salesman Problem di PT. Bintang Service Management menggunakan bahasa pemrograman Hipertext Preprocessor. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah sikel Hamilton dengan bobot minimum yaitu Bintang Service Management – Semesta Bilingual School – My Kopi O – Hotel Grand Edge – City One Hotel – RS Panti Wilasa Citarum – Leko Gajah Mada – Dafam Hotel – 3 Durian – Kantor Imigrasi – Rumdenim – Goori Swalayan – Payon Amartha – Bintang Service Management. Rute tersebut dapat menjadi acuan pihak outsourching dalam penentuan rute perjalanan untuk melakukan pengadaan barang dan pengecekan barang ke pihak klien perusahaan secara lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Graf Hamilton, Traveling Salesman Problem (TSP), Recursive Best First Search (RBFS), Hipertext Preprocessor (PHP), LeafletJS.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 15:35
Last Modified: 29 Sep 2017 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26596

Actions (login required)

View Item View Item