PENGUKURAN VALUE AT RISK (VaR) PADA PORTOFOLIO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI MONTE CARLO (Studi Kasus PT. Bumi Serpong Damai Tbk dan PT. Matahari Department Store Tbk)


Ulfi Nur Fatimah , 4111411004 (2016) PENGUKURAN VALUE AT RISK (VaR) PADA PORTOFOLIO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI MONTE CARLO (Studi Kasus PT. Bumi Serpong Damai Tbk dan PT. Matahari Department Store Tbk). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111411004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Investor dapat melakukan investasi baik aset berisiko atau bebas risiko tergantung pada preferensi investor pada investasi tersebut. Permasalahan yang dihadapi oleh investor adalah memilih portofolio yang efisien, atau disebut juga variance efficient portofolio (MVEP) yaitu portofolio yang memberikan risiko yang terkecil. Pengukuran Var dengan menggunakan model Simlasi Monte Carlo merupakan parameter yang sesuai karena metode varian-kovarian mengasumsikan bahwa return berdistribusi normal dan return portofolio bersifat linier terhadap return aset. Tujuan dari penulisan ini yaitu meperoleh hasil perhitungan MVEP nilai VaR dengan tingkat kepercayaan 95% dan periode waktu satu hari yang dapat diartikan bahwa kerugian yang mungkin akan diderita investor tidak akan melebihi nilai VaR tersebut, atau dapat dikatakan ada kemungkinan sebesar 5% bahwa kerugian investasi pada portofolio yang terdiri dari saham PT. Bumi Serpong Damai (BSDE) dan PT. Matahari Department Store (LPPF). Langkah pertama adalah menghitung return saham harian yag terdaftrar di LQ45 di BEI yaitu PT.Bumi Serpong Damai Tbk dan PT.Matahari Department Store, kemudian melakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal, selanjutnya melakukan perhitungan VaR menggunakan Simulasi Monte Carlo dengan menentukan tingkat kepercayaan atau taraf signifikansi, periode waktu yang dipilih, menentukan nilai parameter return aset serta korelasi antar aset, mensimulasikan nilai return, menghitung return portofolio, mencari estimasi kerugian maksimum, menghitung nilai Value at Risk. Hasil analisis dari pengukuran portofolio saham tersebut diperoleh VaR sebesar -3705329718 (tanda negatif menunjukkan kerugian) dengan tingkat kepercayaan 95% dan periode waktu satu hari yang dapat diartikan bahwa kerugian yang mungkin akan diderita investor tidak akan melebihi nilai VaR tersebut, atau dapat dikatakan ada kemungkinan sebesar 5% bahwa kerugian investasi pada portofolio yang terdiri dari saham PT. Bumi Serpong Damai (BSDE) dan PT. Matahari Department Store (LPPF) sebesar Rp. 37.053.297,18.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Return and Risk (risiko), Portofolio, Simulasi Monte Carlo, VaR
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 15:17
Last Modified: 29 Sep 2017 15:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26593

Actions (login required)

View Item View Item