ANT COLONY OPTIMIZATION DALAM PENYELESAIAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM MENGGUNAKAN MATLAB


Metrika Indra Buana , 4111410008 (2016) ANT COLONY OPTIMIZATION DALAM PENYELESAIAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM MENGGUNAKAN MATLAB. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111410008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Algoritma Ant Colony Optimization (ACO) merupakan algoritma pencarian hasil terbaik yang dihasilkan melalui pengamatan terhadap semut. Pada algoritma ACO, semut berfungsi sebagai agen yang ditugaskan untuk mencari solusi terhadap suatu masalah optimisasi. ACO telah diterapkan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah untuk mencari solusi optimal pada Traveling Salesman Problem (TSP). Dalam penelitian ini permasalahan yang diambil adalah untuk mencari rute terpendek dan total jarak optimal dari 32 kota yang ada di Jawa Tengah untuk PT Gowill dalam mendistribusikan sandal jepit, serta pengaplikasian strategi tersebut dengan membangun sebuah program pencarian yang dapat membantu menentukan rute pendistribusiannya. Dengan bantuan aplikasi Matlab dalam pembuatan program untuk PT Gowill ini, penyelesaiaan dilakukan secara bertahap dengan algoritma Ant Colony Optimization dengan terlebih dahulu melakukan koding Matlab, selanjutnya memasukkan 32 data kota diteruskan dengan pembuatan GUI agar mudah dalam pengoprasian sampai akhirnya diperoleh rute terpendek yang diharapkan. Selain itu, dari rute yang didapatkan jarak optimal yang akan ditempuh seorang salesman adalah 1522 km.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Ant Colony Optimization; Graph; Optimisasi; Rute Terpendek; Travelling Salesman Problem.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 12:57
Last Modified: 29 Sep 2017 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26590

Actions (login required)

View Item View Item