PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MELALUI PERMAINAN SEPETAK PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2014/2015


Fuad Miko Yulianto , 6101410043 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MELALUI PERMAINAN SEPETAK PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101410043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran permainan olahraga sepakbola yang masih menggunakan peraturan konvensional sehingga dijumpai siswa kurang tertarik dan tidak semuanya aktif dalam mengikuti pembelajaran. Prasarana yang kurang mendukung juga menjadi salah satu alasan melakukan penelitian ini. Permainan sepetak dapat digunakan untuk mengetahui penerapan tehnik dasar dari permainan sepakbola. Penelitian ini memberikan sebuah permainan sepetak yang dimana menjadi alternatif pilihan dalam menyampaikan materi pembelajaran sepakbola. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepetak pada kelas XI SMA N 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepetak pada kelas XI SMA N 1 Kedungwuni. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan diciptakan mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner serta menggunakan hasil pengamatan dilapangan yang diperoleh dari siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 84,66% (baik). Hasil rata-rata kuesioner dan pengamatan siswa pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 82,9% (baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba kelompok besar didapat persentase sebesar 86,66% (baik). Hasil rata-rata kuesioner dan pengamatan siswa pada uji coba kelompok besar didapat persentase sebesar 78,4% (baik). Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepetak dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas XI SMA N 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dalam penyampaian materi pembelajaran sepakbola

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Sepakbola, Permainan Sepetak
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 18:27
Last Modified: 28 Sep 2017 18:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26586

Actions (login required)

View Item View Item