EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI CUPs BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII


Fitriyana Wardani , 4101412192 (2016) EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI CUPs BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412192.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi matematika merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa dalam mempelajari matematika. Sama halnya dengan literasi matematika, motivasi belajar juga harus dimiliki oleh siswa dalam menuntut ilmu. Namun faktanya di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika dan motivasi belajar siswa masih belum sepenuhnya dimiliki oleh siswa khususnya kelas VIII. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan kemampuan literasi matematika dengan pembelajaran cooperative learning dengan strategi CUPs berbantuan kartu masalah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran menggunakan pembelajaran cooperative learning dengan strategi CUPs berbantuan kartu masalah mencapai ketuntasan belajar; (2) untuk mengetahui apakah kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran menggunakan pembelajaran cooperative learning dengan strategi CUPs berbantuan kartu masalah lebih baik dari kemampuan literasi matematika siswa menggunakan pembelajaran ekspositori; dan (3) untuk mengetahui apakah motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran menggunakan pembelajaran cooperative learning dengan strategi CUPs berbantuan kartu masalah lebih tinggi dari motivasi belajar siswa menggunakan pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran tahun pelajaran 2015/2016. Menggunakan teknik simple random sampling terpilih kelas sampel VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, tes, dan skala psikologi. Analisis data yang digunakan adalah uji rata-rata dan uji banding rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran menggunakan pembelajaran cooperative learning dengan strategi CUPs berbantuan kartu masalah mencapai ketuntasan belajar; (2) kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran menggunakan pembelajaran cooperative learning dengan strategi CUPs berbantuan kartu masalah lebih baik dari kemampuan literasi matematika siswa menggunakan pembelajaran ekspositori; dan (3) motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran menggunakan pembelajaran cooperative learning dengan strategi CUPs berbantuan kartu masalah lebih tinggi dari motivasi belajar siswa menggunakan pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, cooperative learning, CUPs, kartu masalah, literasi matematika, motivasi belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 18:13
Last Modified: 28 Sep 2017 18:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26584

Actions (login required)

View Item View Item