KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII


Ria Winarti Ningrum , 4101412180 (2016) KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412180.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis merupakan dua kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa diperlukan suatu model pembelajaran matematika yaitu pembelajaran kooperatif Problem Based Learning berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika pada siswa kelas VIII SMP N 8 Magelang terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 8 Magelang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 219 siswa. Dengan menggunakan teknik random sampling terpilih kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang mendapat model pembelajaran Ekspositori dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang mendapat model pembelajaran Problem Based Learning berbasis etnomatematika. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji proporsi dan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan uji hipotesis penelitian diperoleh (1) uji hipotesis I menggunakan uji proporsi pihak kanan, diperoleh hasil bahwa seluruh siswa yang mendapat model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Etnomatematika terdapat lebih dari 75% siswa yang dapat mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 75, dengan kata lain bahwa nilai kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksprimen telah mencapai ketuntasan klasikal (2) menggunakan hasil uji kesamaan dua rata-rata, diperoleh hasil

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Problem Based Learning, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 18:07
Last Modified: 28 Sep 2017 18:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26583

Actions (login required)

View Item View Item