ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED


Anugrah Putri Desi Setyorini , 4101412163 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412163.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis penting untuk dipelajari oleh setiap peserta didik. Namun, kemampuan koneksi matematika setiap peserta didik di Indonesia belum optimal. Hal itu disebabkan oleh pembelajaran matematika yang hanya mengejar nilai saja tanpa memperhatikan mutu dan aspek matematika yang saling berhubungan. Akibatnya proses berpikir peserta didik menjadi terhambat sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah apalagi dalam mengoneksikan antar permasalahan. Untuk mancapai kemampuan koneksi matematis yang optimal perlu diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas VIII SMP N 1 Grabag dengan menggunakan pendekatan open ended berdasarkan level berpikir van Hiele. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Grabag tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dengan metode dokumenter, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara kombinasi. Teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan menghitung skor pada setiap butir soal kemudian dilakukan pemberian kategori skor untuk menentukan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Teknik analisis data kualitatif yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 anak berada pada Level 0 (Visualization), 9 anak berada pada Level 1 (Analysis), 16 anak berada pada Level 2 (Abstraction), dan 1 anak berada pada Level 3 (Deduction). Perolehan nilai peserta didik pada tes kemampuan koneksi matematis berdasarkan level berpikir Van Hiele berkisar antara 35,6 dan 73,9. Rata-rata perolehan peserta didik adalah 55,3, sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat pemahaman peserta didik belum begitu bagus. Secara keseluruhan, kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Grabag adalah rata-rata kemampuan koneksi antar topik dalam matematika berada dalam kategori sedang yakni 58,7%, rata-rata kemampuan koneksi matematika dengan bidang ilmu lain berada dalam kategori sedang yakni 68,3%, dan rata-rata kemampuan koneksi dengan kehidupan sehari-hari berada dalam kategori rendah yakni 40,3%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Koneksi Matematis, Teori Van Hiele, Pendekaan Open Ended.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 18:02
Last Modified: 28 Sep 2017 18:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26581

Actions (login required)

View Item View Item