MODIFIKASI PERMAINAN BOLA TANGAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA TUNA RUNGU DI SLB MANUNGGAL SLAWI KAB TEGAL TAHUN 2015


ADE BAGUS SURYANTO , 6101409117 (2016) MODIFIKASI PERMAINAN BOLA TANGAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA TUNA RUNGU DI SLB MANUNGGAL SLAWI KAB TEGAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101409117.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani adaptif merupakan sarana untuk meningkatkan beberapa aspek pada diri anak seperti pertumbuhan dan perkembangan jasmani, ketrampilan gerak, sosial dan intelektual bagi anak berkebutuhan khusus. Pengembangan model pembelajaran modifikasi pada siswa tuna rungu penting adanya agar siswa termotivasi mengikuti pembelajaran. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan model pembelajaran modifikasi permainan bola tangan dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa tuna rungu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil model pembelajaran modifikasi permainan bola tangan pada siswa tuna rungu. Penelitian dan pengembangan biasanya disebut penelitian berbasis pengembangan (research-based development) merupakan jenis penelitian yang tujuan penggunaanya untuk pemecahan masalah praktis dalam dunia penelitian pendidikan dan pembelajaran. Peneliti mengembangkan permainan bola tangan modifikasi disesuaikan dengan pertimbangan keadaan lapangan, keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya sehingga tidak mengambil subjek yang besar. Populasi dan sampel untuk uji coba kelompok kecil sebanyak 12 siswa sedangkan kelompok besar 20 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi dan observasi checklist. Hasil akhir dari kegiatan penelitian pengembangan ini adalah produk model modifikasi permainan bola tangan yang berdasarkan data pada saat uji coba skala kecil (N=14) diperoleh prosentase 83,65% dan uji coba kelompok besar (N=20) diperoleh prosentase 86,71%, untuk itu efektif digunakan kepada siswa berkebutuhan khusus tuna rungu. Secara keseluruhan model pembelajaran permainan bola tangan modifikasi ini dapat diterima siswa dengan baik sehingga dapat digunakan bagi siswa tuna rungu SLB Manunggal Slawi Kab Tegal. Saran Model modifikasi permainan bola tangan sebagai produk yang telah dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian materi pembelajaran permainan bola tangan untuk siswa berkebutuhan khusus tunarungu

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modifikasi, Bola Tangan, Siswa, Tuna Rungu
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 19:09
Last Modified: 27 Sep 2017 19:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26575

Actions (login required)

View Item View Item