MOTIVASI OLAHRAGA REKREASI PADA PENGUNJUNG DESA WISATA KAMPOENG DJOWO SEKATUL KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL TAHUN 2016


SUSI ARIYANTO, 6101409115 (2016) MOTIVASI OLAHRAGA REKREASI PADA PENGUNJUNG DESA WISATA KAMPOENG DJOWO SEKATUL KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101409115.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul. Sebuah obyek wisata keluarga yang menawarkan nuansa alam di pedesaan dengan aspek kebudayaan jawa berupa bangunan dan filosofinya. Olahraga rekreasi berupa out bound, out door activity, play ground, swiming pool, dan hotel, juga menerima berbagi event seperti tasyakuran, pernikahan, pengajian, out bound dan out door activity untuk sekolah maupun umum. Kuliner tradisional dengan berbagai macam menu khas. Dari barbagai hal yang ditawarkan tersebut banyak menarik minat pengunjung domestik maupun internasional untuk berwisata di lokasi tersebut. Dari hasil observasi deketahui rata-rata ada 5000 orang yang berkunjung di Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul tiap bulannya. Adapun rumusan masalah utama dalam penelitian ini adalah. Dengan adanya berbagai fasilitas yang ditawarkan Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul, khususnya terkait olahraga rekreasi. Bagaimana motivasi pengunjung untuk melakukan olahraga rekreasi di lokasi tersebut. Apakah Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul mempunyai manfaat positif atau negatif terhadap aktifitas olahraga rekreasi pengunjung. Apakah Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul dapat dijadikan sebagai alternatif ruang publik bagi pengunjung untuk melakukan kegiatan olahraga rekreasi dan menginspirasi gaya hidup back to nature. Kemudian data dikumpulkan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan instrumen berupa angket/kuisioner yang diberikan kepada 100 orang sempel. kemudian data yang diperoleh disederhanakan dalam bentuk statistik dan dilakukan analisa menggunakan analisis deskriptif prosentase, untuk mengetahui besarnya minat masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77% responden memiliki motivasi yang tinggi. 23% memiliki motivasi yang sedang. Dan 0% atau tidak ada responden yang memiliki motivasi rendah ataupun rendah sekali untuk datang berolahraga dan berekreasi di Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul. Dengan hasil demikian dapat disimpulkan bahwa pengunjung memiliki motivasi yang tinggi untuk berkunjung dan berolahraga rekreasi. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan oleh peneliti Bagi Pengelola untuk Lebih meningkatkan pelayanan dengan memenuhi standart minimal dan melakukan perawatan berkala pada fasilitas olahraga rekreasi di Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul. Supaya dapat digunakan sesuai tujuan dan pemanfaatnya. Bagi peneliti lain dapat mengkaji lagi aspek – aspek yang berkaitan dengan obyek olahraga rekreasi dan budaya serta nilai nilai yang ada di baliknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, olah raga dan rekreasi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 19:00
Last Modified: 27 Sep 2017 19:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26574

Actions (login required)

View Item View Item