PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN HOCKEY KAYLAMI SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KECIL PENJASORKES DI SMA N 1 LIMBANGAN TAHUN 2016


Angga Prasetya Nugraha, 6101409107 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN HOCKEY KAYLAMI SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KECIL PENJASORKES DI SMA N 1 LIMBANGAN TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101409107.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana bentuk pengembangan model pembelajaran permainan Hockey Kaylami dalam pembelajaran penjasorkes yang sesuai karakteristik siswa SMAN 01 Limbangan Kabupaten Kendal. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa model pengembangan pembelajaran permainan Hockey Kaylami dalam pembelajaran penjasorkes SMAN 01 Limbangan Kabupaten Kendal dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah agar pembelajaran lebih aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Limbangan sebanyak 10 orang pada uji coba skala kecil dan 30 orang pada uji coba skala besar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik secara acak dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berbentu observasi lembar evaluasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan teknik analisis deskriptif berbentuk persentase, sedangkan data yang berupa saran dan alasan memilih jawaban dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif Dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 80% (baik), ahli pembelajaran 82,67% (baik), hasil uji coba kelompok kecil rata-rata aspek psikomotor 89,45%(baik), rata-rata kognitif 87,50%(baik), dan rata-rata afektif 84,25%(baik), dari hasil rata-rata keseluruhan kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 84,21% (baik). Dari hasil uji coba lapangan diperoleh data, dari rata-rata kuesioner uji coba lapangan aspek psikomotor diperoleh hasil persentase sebesar 89,08% (baik), rata-rata aspek kognitif 86,94%(baik), dan rata-rata aspek afektif 87% (baik), hasil rata-rata kuesioner uji coba lapangan didapat hasil rata-rata 85,68% (baik). Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa model permainan “Hockey Kaylami” ini dapat diterapkan untuk siswa SMA N 1 Limbangan. Dapat disarankan bagi guru penjasorkes SMA N 1 Limbangan agar model permainan ini dapat menjadi alternatif penyampaian pembelajaran dengan adanya model permainan ini diharapkan sebagai alternatif menyampaikan materi dalam pembelajaran penjasorkes serta pembelajaran akan lebih menarik dan variatif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Pembelajaran Hockey; Permainan Hockey Kaylami
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 18:51
Last Modified: 27 Sep 2017 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26573

Actions (login required)

View Item View Item