SURVEI PENGELOLAAN KELAS OLAHRAGA SMA N 5 KOTA MAGELANG


Sari Mukti Laksana , 6101409089 (2016) SURVEI PENGELOLAAN KELAS OLAHRAGA SMA N 5 KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101409089.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan rekap prestasi kelas olahraga SMA Negeri 5 Kota Magelang dari tahun 2013 sampai tahun 2016 dapat dilihat adanya kesenjangan prestasi dari beberapa cabang yang dibina di kelas olahraga SMA Negeri 5 Kota Magelang. Bagaimana pengelolaan kelas olahraga SMA Negeri 5 Kota Magelang yang meliputi : 1) Perencanaan 2) organisasi 3) pergerakan 4) pengawasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengelolaan kelas olahraga SMA Negeri 5 Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 5 Kota Magelang. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Pembina, pelatih 8 orang, guru 4 orang, sekretaris, dan atlet 16 0rang. Instrumen penelitian adalah 1) perencanaan 2) organisasi 3) pergerakan 4) pengawasan. Obyek penelitian menitikberatkan pada proses pengelolaan kelas olahraga SMA Negeri 5 Kota Magelang yang meliputi: Organisasi, Perekrutan Pelatih dan siswa, Pendanaan, Sarana dan Prasarana, Proses belajar mengajar dan Prestasi olahraga.Dalam pengambilan data diperoleh dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan Data menggunakan Triangulasi sumber. Model analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian diketahui 1) Perencanaan program kerja kelas olahraga berjalan secara berkelanjutan yang meliputi program jangka pendek dan program jangka panjang akan tetapi program tersebut kurang specific. 2) Organisasi kelas olahraga dikelola oleh manajemen SMA Negeri 5 Kota magelang sehingga tidak ada kepengurusan tersendiri. 3) Dalam proses pelaksanaan program kelas olahraga SMA negeri 5 Kota magelang setiap pengurus melakukan tugas sesuai dengan tanggung jawab masing-masing namun untuk pembagian tugas tidak sesuai dengan kompetensinya. 4) Pengawasan program kelas olahraga sepenuhnya menjadi tanggung jawab kepala sekolah akan tetapi dalam hal pengawasan, kepala sekolah kurang aktif. Secara keseluruhan manajemen kelas olahraga SMA Negeri 5 Kota Magelang belum maksimal atau sistem yang diterapkan belum emberikan hasil yang diharapkan. Saran yang dapat diajukan adalah 1) pembentukan program kerja kelas olahraga lebih difokuskan . 2) dibentuk organisasi yang khusus menangani kelas olahraga secara langsung. 3) dalam pelaksanaan program setiap pengurus harus bekerja sesuai tugas, fungsi, peran, dan keahlian masing-masing. 4) pengawasan pelaksanaan program kerja kelas olahraga lebih ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan (planning), Organisasi (organizing), Pergerakan (actuating), Pengawasan (controlling)
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 18:45
Last Modified: 27 Sep 2017 18:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26572

Actions (login required)

View Item View Item