PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI EKOSISTEM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP


Rohima Handayani , 4001412025 (2016) PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI EKOSISTEM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001412025.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 3 Ungaran menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang dilakukan selama ini hanya berorientasi pada fakta, teori atau hasil saja belum menekankan pada keterampilan proses. Untuk itu perlu adanya peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa, salah satunya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menarik siswa untuk terlibat aktif sehingga mampu mengembangkan keterampilannya. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan menerapkan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS)berbasis Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh pendekatan JAS berbantuan LKS berbasis PBL pada KPS siswa SMP dan untuk menganalisis besar pengaruh pendekatan JAS berbantuan LKS berbasis PBL pada KPS siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pra Eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan pertimbangan tertentu. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, metode tes dan metode angket. Teknik analisis data dengan menggunakan uji korelasi biserial untuk mengetahui hubungan pendekatan JAS berbantuan LKS berbasis PBL dengan KPS siswa dan besar pengaruh dengan menggunakan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan dari nilai observasi diperoleh hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,83 sehingga diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 68,8% sementara dari nilai posttest diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,71 dengan besar pengaruh 50,3%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari lembar observasi penggunaan pendekatan JAS berbantuan LKS berbasis PBL berpengaruh sangat kuat terhadap KPS siswa yaitu sebesar 68,8% dan dari nilai posttest diketahui bahwa pendekatan JAS berbantuan LKS berbasis PBL berpengaruh kuat terhadap KPS siswa yaitu sebesar 50,3%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Jelajah Alam Sekitar, LKS PBL
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 18:03
Last Modified: 27 Sep 2017 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26570

Actions (login required)

View Item View Item